Masyarakat Trenggalek dan SMN Gotong Royong Tingkatkan Infrastruktur Jalan Desa

Masyarakat Trenggalek dan SMN Gotong Royong Tingkatkan Infrastruktur Jalan Desa

Masyarakat dan perusahaan SMN bergotong-royong.--

Trenggalek, Memorandum - Perusahaan Sumber Mineral Nusantara (SMN), yang beroperasi di Kabupaten Trenggalek bersama masyarakat bergotong-royong memperbaiki infrastruktur jalan di tiga desa. Yakni di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko dan Desa Ngadimulyo serta Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak.

Peningkatan kualitas infrastruktur jalan itu dilakukan bertahap selama tahun 2023. Hingga saat ini, sekitar 500 meter jalan desa yang umumnya digunakan oleh masyarakat untuk berkebun selesai diperbaiki.

Tentunya, perbaikan jalan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan aktivitas ekonomi maupun sosial keagamaannya. Sebab, masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat untuk berkebun serta membawa hasil kebunnya.

External Affairs PT SMN, Handi Andrian mengatakan, ide gotong-royong itu berasal dari masyarakat. Kemudian disambut baik oleh pihak perusahaan.

“Hal yang luar biasa dan harus terus dijaga adalah kebersamaan dan gotong-royongnya. Sebab jika itu dapat terawat dengan baik, semua permasalahan masyarakat dapat ditangani secara bersama-sama. Ini bukti nyata hasil dari kebersamaan dan gotong-royong. Jalan tani dan jalan desa yang sudah ada sejak dulu, baru ditingkatkan dari tanah menjadi beton atas kebersamaan tadi,” terangnya, Senin (11/9/2023).

Handi meyakini, adanya peningkatan kualitas jalan desa tersebut, maka tidak hanya sekadar meningkatkan produktivitas masyarakat.

Lebih dari itu, keamanan dan keselamatan dalam berkendara ke kebun pun menjadi lebih baik. Risiko kecelakaan dapat ditekan. Dan yang pasti, masyarakat, khususnya anak-anak, dapat dengan mudah dan lancar ke sekolah ataupun tempat mengaji. Sehingga banyak sekali manfaat dari meningkatnya kualitas jalan di desa tersebut.

“Ini kan luar biasa. Masyarakat dan perusahaan saling bahu-membahu membangun daerahnya. Khususnya di wilayah operasional perusahaan. Keberadaan perusahaan haruslah berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya, dan juga bagi daerah secara umum. Perusahaan pun terus bertekad menjadikan dirinya katalis dari kemajuan yang positif di manapun ia beroperasi. Sebagai bagian dari masyarakat Trenggalek, SMN akan terus mendukung pemerintah dan masyarakat dalam upaya bersama-sama memajukan daerahnya,” papar dia.

SMN merupakan perusahaan pertambangan yang telah memiliki izin produksi di wilayah Trenggalek.

Perusahaan ini juga selalu tertib dalam melaksanakan kewajibannya kepada negara. Seperti pemenuhan jaminan reklamasi, jaminan pascatambang, dan juga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lainnya yang nilainya mencapai miliaran rupiah per tahun.

"Seluruh pencapaian ini tak lepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah, baik daerah maupun pusat," pungkasnya.(mad/yok)

Sumber: