Tumbuhkan Ekonomi Blitar Lewat Budaya, Ki Gendheng Ardianto Nyaleg lewat Perindo

Tumbuhkan Ekonomi Blitar Lewat Budaya, Ki Gendheng Ardianto Nyaleg lewat Perindo

Bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Perindo Dapil IV Kabupaten Blitar,l Ardianto, dalam acara mancing berhadiah yang digelarnya.--

Blitar, Memorandum - Ardianto atau terkenal sebagai Ki Gendheng Ardianto, seorang dalang yang memutuskan terjun ke dunia politik menjadi  Bacaleg Partai Perindo Dapil IV Kabupaten Blitar. Cita-citanya ialah meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pelestarian budaya.

Hal itu ia ungkapkan dalam acara mancing berhadiah yang digelarnya di Desa Bence, Kecamatan Garum, Minggu (10/9/2023). Acara ini diikuti ratusan peserta yang kebanyakan berasal dari wilayah Dapil IV, seperti Kecamatan Garum, Gandusari, Talun, dan Selopuro.

"Hari ini kita adakan hiburan rakyat, berupa mancing berhadiah. Alhamdulillah, banyak yang berpartisipasi, baik dari pecinta mancing maupun warga sekitar. Kita juga sebar banyak ikan yang besar-besar, ada lele, nila, dan lainnya," kata Ardianto di sela-sela acara.

Kiprah Ardianto di dunia seni pun tak main-main, ia bahkan memiliki sanggar seni bernama Gemati Arga Kencana untuk melatih para seniman muda se-Kabupaten Blitar.  Di sana, para anak didik Ardianto tak dipungut biaya sepeser pun, semua dilakukannya murni karena cintanya terhadap budaya tanah air.

"Kami mendidik dalang junior itu ada 23 orang, dalang remaja 35 orang, sinden 12 orang, serta ada juga yang kita ajari seni kriya, seperti membuat wayang kulit dan lainnya, serta ada juga seni jaranan. Terbuka, mereka berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Blitar, dan gratis," ujarnya.

"Intinya, bagaimana pelestarian budaya ini kan bisa berperan dalam membangkitkan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan. Itu semangat yang saya bawa, dan akhirnya memutuskan untuk terjun ke panggung politik lewat Dapil IV ini," sambungnya.

Ardianto pun berharap nantinya bisa terpilih menjadi anggota legislatif, dan dapat mengemban amanah masyarakat Kabupaten Blitar sebagai wakil rakyat yang benar-benar memperjuangkan suara masyarakat.

"Tentunya jika memang masyarakat menghendaki dan saya terpilih, kita bisa sama-sama berjuang bagaimana lewat pelestarian budaya ini, ekonomi masyarakat tumbuh," pungkasnya.(nus/zan/lis)

Sumber: