Sambut Kirab Api Porprov VIII Jatim/2023 di Grahadi, Khofifah Ajak Meriahkan Opening Ceremony di GOR Sidoarjo

 Sambut Kirab Api Porprov VIII Jatim/2023 di Grahadi, Khofifah Ajak Meriahkan Opening Ceremony di GOR Sidoarjo

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyalakan api obor Porprov VIII Jatim 2023 di Gedung Negara Grahadi. --

Surabaya, Memorandum - Kirab Api Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) VIII Jawa Timur 2023, berakhir Kamis (7/9) malam di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya. Perjalanan Panjang melintasi empat daerah tuan rumah bersama, diawali sejak pengambilan api di Candi Pari Kabupaten Sidoarjo pada 4 September 2023.

Selanjutnya, kirab api porprov dibawa ke Kabupaten Mojokerto dan sempat diinapkan di pendopo setempat. Kemudian dilanjutkan menuju ke Kabupaten Jombang pada 5 September 2023. Setelah menginap sehari di Pendopo Jombang, kirab obor dilanjutkan ke Kota Mojokerto pada 6 September 2023.

"Dan hari ini (7/9) bergerak ke Grahadi. Ada 45 kecamatan yang dilalui artinya semangat kita dalam keadaan apapun adalah semangat 45. Semangat patriot, semangat perjuangan, yang itu mudah-mudahan mengantarkan suksesnya porprov VIII 2023," ucap Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Setelah menginap sehari di Grahadi, api obor akan dibawa ke upacara pembukaan Porprov VIII Jatim/2023, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. "Saya mohon kita bersama-sama memeriahkan pembukaan porprov ke VIII pada tanggal 9 September malam di GOR Delta Sidoarjo," ujarnya.

Hal ini kata Khofifah bagian dari upaya membangun semangat gotong royong dan sportivitas untuk menjaga seluruh pertandingan berjalan dengan fair play.

Sementara itu Ketua Pengurus Besar (PB) Porprov VIII Jatim 2023 M Ali Affandi LaNyalla Mattalitti mengatakan bahwa dari total 4 kabupaten/kota tuan rumah porprov VIII, total official bersama atlet sekitar 17 ribuan.

"Jadi bisa dibilang ini porprov lebih besar dari PON. Dan alhamdulillah berkat dukungan seluruh stakeholder terutama ibu gubernur, dispora, dan KONI kita bisa menyelenggarakan," ucap Ali Affandi.

Ali pun meminta kepada masyarakat doa restu dan untuk hadir ke venue. Ia pun juga meminta masyarakat hadir ke opening ceremony di GOR Sidoarjo.

Dalam porprov VIII, kata Ali Affandi apabila ada atlet yang memecahkan rekor nasional maupun internasional, ia akan membicarakannya dengan KONI terkait apresiasi khusus atas pemecahan rekor.

"Dan tentunya apabila bisa pecah rekor, ini merupakan prestasi buat kita semua. Karena usianya maksimal di porprov ini 23 tahun. Dan prestasi porprov ini akan terlihat pada saat nanti di PON 2028 NTT-NTB," ujarnya.

Perputaran ekonomi pada porprov bisa dibilang besar. Saat penutupan porprov VII di Lumajang, total perputaran uang pada satu minggu sekitar Rp 120 miliar. Apalagi saat ini, multiplier effect porprov VIII jauh lebih meriah. "Dan semoga multiplier effect ini terasa ke masyarakat," ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagai pembawa obor dalam opening ceremony ditunjuk Slamet Mulyanto. Legenda hidup dunia voli Tanah Air itu dipercaya sebagai pembawa api obor Porprov VIII Jatim/2023.

Sekilas data Slamet Mulyanto, di usia yang sudah menapak 74 tahun, sederet prestasi pernah diukirnya ketika menjadi pemain bola voli, pelatih, hingga manajer. Terakhir, pada 20 Maret 2023, ia mendapat piagam penghargaan Legenda Bola Voli dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Pria yang tinggal di Sekardangan, Sidoarjo itu dianggap telah memberikan sumbangsilh luar biasa untuk kebanggaan dan kemajuan bola voli Indonesia. Beberapa catatan internasioal pernah diukir. Seperti jadi penggawa timnas pada 1977-1981. Termasuk menjadi pelopor voli pantai, salah satu cabang olahraga yang prestasinya cukup membanggakan di tingkat dunia. (rid/gus)

Sumber: