Semua Fraksi DPRD Kabupaten Malang Minta OPD Tingkatkan PAD

Semua Fraksi DPRD Kabupaten Malang Minta OPD Tingkatkan PAD

Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Malang.--

Malang, Memorandum-DPRD Kabupaten Malang menggelar rapat paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi terhadap Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2023 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2024, di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Kamis (7/9). 

 

Dalam rapat tersebut lima fraksi DPRD Kabupaten Malang memberikan saran, pendapat dan juga pertanyaan untuk menguatkan agenda yang menjadi bahasan. Yang tersampaikan, antara lain meminta pendapatan harus sesuai target, harus terukur secara intensif dan melakukan mencari potensi pendapatan lain yang sah. Selama ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih jauh dari target.

 

Terkait belanja, diharapkan membuat perencanaan secara terstruktur dan kritis sesuai dengan regulasi, sehingga problematika dan prioritas dapat dilakukan secara proposional dengan harapan pola penganggaran benar-benar berbasis kinerja.

 

Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi menyampaikan perlunya perencanaan yang matang. 

 

“Harapannya dinas penghasil menjalankan targetnya pada potensi yang telah didata dan disurvey,” katanya, seusai memimpin rapat paripurna.

 

Perencanaan yang matang menurutnya dapat menghindari adanya perdebatan penetapan target pendapatan. Karena seluruh dinas penghasil memiliki data potensi dan pendapatan yang didasarkan survey serta telah dilakukan telaah dan kajian. “dan kita dapat melihat progresnya,” kata Darmadi.

 

Disampaikan, untuk belanja diharapkan harus tetap konsisten dalam melaksanakan pembangunan daerah. Ini dapat dilakukan secara terukur berbasis pada pemenuhan prioritas kebutuhan dan layanan dasar masyarakat.

 

Sumber: