Adab dan Doa Minum Air Zam-zam Agar Mendapatkan Berkah

Adab dan Doa Minum Air Zam-zam Agar Mendapatkan Berkah

Surabaya, Memorandum.co.id - Air zam-zam tidak hanya sekadar air biasa, melainkan air yang punya banyak keistimewaan dan keberkahan. Selain dapat menghilangkan rasa haus, air zam-zam juga mengandung berbagai mineral alami yang bisa menyembuhkan penyakit. Membaca doa minum air zamzam lebih banyak keistimewaan bagi umat Muslim. Selain membaca doa minum air zamzam, ada adab yang perlu kita perhatikan saat mengonsumsi air zamzam. Berikut ini penjelasan bagaimana doa minum air zamzam serta adab yang perlu kita perhatikan

  • Doa Minum Air Zam-zam
Dibaca dalam hati dengan sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan keberkahan dari air zam-zam. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ Allahumma inni as'aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin. Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari setiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."
  • Berikut ini Adalah Adab Minum Air Zam-Zam.
  1. Membaca basmallah.
  2. Membaca doa minum air zamzam.
  3. Minum dengan beberapa kali teguk yang diselingi dengan bernapas.
  4. Minum sambil duduk.
  5. Banyak membaca doa, misalnya minta disembuhkan dari penyakit di setiap hendak meneguk air zamzam.
  • Keutamaan Air Zam-Zam
Rasulullah SAW menyebut jika air zam-zam merupakan air yang paling baik di muka bumi. Jadi tak hanya digunakan untuk melepas dahaga, tapi juga sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ Artinya: "Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit." (HR Muslim).
  • Air Zam-Zam Menurut Para Peneliti
Sudah banyak ilmuwan dari berbagai negara yang meneliti tentang air zam-zam. Hasilnya, para peneliti menemukan bukti bahwa air zam-zam bebas dari kuman dan bakteri, sehingga aman dikonsumsi secara langsung tanpa melalui proses pematangan. Mengutip buku Pintar Sains dalam Al-Quran oleh Nadiah Thayyarah, air zam-zam merupakan air paling murni di seluruh dunia. Bahkan, saat disorot dengan sinar ultraviolet, tidak ditemukan sama sekali kuman dan bakteri yang umumnya muncul pada jenis air lainnya. Lalu, para peneliti juga menemukan bahwa air zam-zam mengandung kalsium, bikarbonat, magnesium, potassium, dan sodium. Oleh sebab itu, Rasulullah SAW bersabda jika dianjurkan untuk minum air zam-zam sebagai obat penyakit. (*/Rdh)

Sumber: