Keutamaan Bersedekah Ibadah Sosial Menciptakan Manusia yang Bermanfaat

Keutamaan Bersedekah Ibadah Sosial Menciptakan Manusia yang Bermanfaat

Surabaya, Memorandum.co.id - Tidak punya uang bukan berarti penghalang untuk bersedekah. Lebih baik menjadi tangan di atas daripada tangan di bawah. Itulah mengapa sedekah tidak hanya sekedar tentang uang saja, tetapi juga senyum, membantu orang ketika susah, membersihkan ruangan ketika tidak ada yang membersihkan, dan lain sebagainya. Sedekah merupakan ibadah sosial untuk menciptakan arti hidup menjadi manusia yang bermanfaat. Maka dari itu, sedekah harus menjadi gaya hidup untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungannya. Keutamaan Sedekah

  • Didoakan Malaikat
Rezeki bukan hanya materi, tetapi juga bisa dalam bentuk non materi seperti doa. Jangan pernah sepelekan kekuatan doa, apalagi jika didoakan oleh para malaikat. Untuk orang yang rajin bersedekah, maka namanya berpotensi dikenal oleh penduduk langit. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”. (HR. Bukhari-Muslim)
  • Sedekah Mendatangkan Rezeki
Sedekah adalah salah satu cara berbagi rezeki. Semakin Anda sering berbagi, maka Anda akan semakin diingat dan disayangi oleh makhluk hidup. Dengan begitu, Allah akan menurunkan rezeki melalui tangan yang dibantu sebagai perantara rezeki Anda. Rasulullah SAW bersabda: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)
  • Memanjangkan Umur dan Mencegah Kematian Suul Khatimah
Selanjutnya, keutamaan sedekah yang lain adalah memanjangkan umur dan mencegah kematian suul khatimah seperti sabda Rasulullah SAW. "Sesungguhnya sedekah seseorang Islam itu memanjangkan umur dan mencegah daripada mati dalam keadaan konyol dan Allah SWT pula menghapuskan dengan sedekah itu sikap sombong, takabur dan membanggakan diri (dari pemberiannya)" (HR. Bukhari).
  • Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat
Rasulullah SAW telah mengungkapkan dengan jelas tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)
  • Penghalang dari Neraka
Aisyah RA bercerita, suatu hari dirinya pernah didatangi seorang wanita miskin yang membawa dua anak perempuannya. Beliau kemudian memberikan kepadanya tiga butir kurma. Ia pun memberikan masing-masing anaknya satu kurma dan dirinya satu butir untuk dimakan. Namun, kurma tersebut diminta kembali oleh kedua anaknya, maka ia membelah kura yang hendak dimakannya menjadi dua. Aisyah sempat dikejutkan oleh sikapnya itu. Kejadian tersebut kemudian ia ceritakan kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda: "Sesungguhnya, Allah telah menetapkan surga baginya karena tindakannya itu, atau Dia bebaskan dirinya dari api neraka," (HR Muslim). (*/Rdh)  

Sumber: