Danramil Magetan Ikuti Lomba Jemparingan.

Danramil Magetan Ikuti Lomba Jemparingan.

Magetan, Memorandum.co.id - Komandan Rayon Militer 0804/01 Magetan Kapten Infanteri Suparlan mengikuti kegiatan Gladhen Ageng Jemparingan Piala Bupati Magetan Tahun 2019 dalam  rangka memperingati HUT  ke - 344 Kabupaten Magetan di lapangan Desa Candirejo, Kecamatan Magetan, Senin ( 18/11). Acara diikuti dari kelompok panahan yang berasal dari daerah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Acara ini dibuka secara simbolis oleh Bupati Magetan Suprawoto.

Ketua panitia lomba Toha mengatakan, tujuan dari terlaksananya lomba ini adalah untuk melestarikan salah satu olahraga tradisional Indonesia khususnya Jawa dan untuk mewadahi para atlet yang memang mempunyai talenta khusus di bidang ini.

"Olahraga ini memiliki keunikan tersendiri di mana para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional khas Jawa dan harus memanah sambil duduk bersila. Setiap pemanah dibekali dengan 4 anak panah untuk satu kali tembakan, atau disebut juga sebagai 1 Rambahan. Dan dalam lomba ini, para peserta harus melakukan 80 kali tembakan atau sebanyak 20 rambahan," jelasnya.

Olahraga Jemparingan tersebut semakin lama semakin berkembang peminatnya. "Kita memang berkomitmen untuk tetap menyelenggarakannya di Kabupaten Magetan. Setiap peserta selain mendapatkan poin juga akan diberikan bingkisan dari panitia,” tambah Toha. Kapten Infanteri Suparlan mengapresiasi pelaksanaan lomba jemparingan ini. Dan mengatakan sangat senang Kabupaten Magetan bisa menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. "Ini adalah yang pertama kalinya saya mengikuti perlombaan tersebut. Saya berharap ke depannya semoga lomba ini semakin banyak peminat, terutama untuk anak-anak muda,” ujar Danramil 01 Magetan.  (nif/alv/mt/udi)

Sumber: