Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Surabaya, Memorandum.co.id Pisang adalah salah satu buah tak kenal musim yang mudah dijumpai sepanjang waktu. Buah bercita rasa manis ini kerap dijadikan kudapan, bahan campuran membuat roti atau kue.

Di balik kelezatan buah berwarna hijau saat mentah dan kuning ketika matang ini, pisang memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut khasiat buah pisang antaa lain.

Menjaga kesehatan pencernaan, Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar. Pisang juga menjadi salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena termasuk rendah asam

Manfaat makan pisang selanjutnya adalah membuat sesorang yang mengonsumsi buah ini menjadi kenyang lebih lama. Ini diperoleh dari kandungan serat di dalam pisang yang dapat memperlambat pengosongan lambung.

Kandungan kalium di dalam pisang juga dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal. Seseorang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal. (Rdh)

Sumber: