6 Negara Ramaikan Areomodelling Internasional 2019

6 Negara Ramaikan Areomodelling Internasional 2019

Sidoarjo, Memorandum.co.id - Sebanyak 60 peserta asal enam negara meramaikan Indonesian International Aeromodelling Championsip 2019 yang digelar FASI dan Lanud TBI AU Muljono di lapangan Perumahan Puri Surya Jaya Sidoarjo, 1-3 November 2019.

Enam negara yang bakal bersaing menjadi yang terbaik, yakni tuan rumah Indonesia, Australia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Sofyan Syaifudin, Wakil Ketua Panpel Indonesian International Aeromodelling Championsip 2019 menjelaskan, Indonesia sebagai tuan rumah menerjunkan atlet paling banyak.

"Para atlet Indonesia berasal dari 14 provinsi yang datang ke sini (Sidoarjo). Para atlet antusias ikut karena ini kejuaraan internasional," sebut Sofyan Syaifudin usai lomba hari pertama.

Sebanyak 60 atlet aeromodelling yang sudah tiba di Sidoarjo bakal adu ketangkasan dan kecepatan di tujuk kelas yang dilombakan. Yakni kelas F3R Nasional, F3R International, F3R Indonesian Formula, seeded B pemula, junior dan senior, serta elektrik.

"Atlet-atlet Indonesia memanfaatkan ajang ini sebelum terjun di Pra PON 2020. jadi persaingannya sangat ketat," jelas Sofyan.

Komandan Lanud Muljono, Kolonel Pnb Budi Ramelan menambahkan, Indoneia belum pernah menjadi tuan rumah areomodelling internasional.

Dia menjelaskan,  peserta 60 atlet yang ikut ambil bagian ini merupakan rekor jumlah terbanyak. Sebelumnya belum pernah ada event diikuti 60 orang..

"Kami akan jadi tuan rumah yang baik. Ini event internasional pertama di Indonesia dan sebelumnya digelar di Australia. Jika ini bisa sukses, maka Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia aeromodelling," tutur Budi Ramelan.

Karena pesertanya banyak dari negara asing, lanjut Budi Ramelan, ini menjadi kesempatan bagus sebagai promosi Sidoarjo dan Jatim kepada atlet negara lain.

"Ini sebagai pijakan awal dan berharap jadi tuan rumah areomodelling Word Championsip 2020," harap Budi Ramelan. (epe/udi)

Sumber: