Ingin Mendapatkan Jaminan Kenyamanan Saat Berkendara? Daftar Asuransi Mobil Tepercaya!

Ingin Mendapatkan Jaminan Kenyamanan Saat Berkendara? Daftar Asuransi Mobil Tepercaya!

Sebagai pemilik kendaraan roda empatl, tentunya Anda diharuskan bersiap menghadapi berbagai risiko tidak terduga yang terjadi di jalan, entah itu kecelakaan, pencurian, bencana alam, ataupun yang lainnya. Maka dari itu, Anda perlu mendaftar polis asuransi sebagai jaminan jika terjadi sesuatu pada mobil Anda. Salah satu polis asuransi mobil yang terpercaya dan dapat memberikan jaminan kenyamanan saat berkendara adalah asuransi mobil Ramayana. Selain itu, ada juga asuransi Wahana Tata yang bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum membeli polisnya, cek asuransi Wahana Tata terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Asuransi Mobil Ramayana

Asuransi Ramayana menyediakan produk asuransi mobil sebagai jaminan ganti rugi atas kerusakan akibat kecelakaan maupun bencana alam dan kehilangan akibat pencurian. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari asuransi mobil ini, di antaranya adalah:
  • Layanan mobil derek gratis
  • Penggantian biaya kerugian atas kerusakan mobil
  • Kerugian atau kerusakan mobil yang terjadi di atas kapal penyebrangan
  • Ganti rugi saat terjadi kecelakaan pada supir dan penumpang, dan lainnya.
Jika Anda sudah membeli polis asuransi Ramayana, tentu Anda diharuskan membayar premi sesuai dengan ketentuan dari masing-masing polis yang diambil. Perlu Anda ketahui bahwa harga premi untuk setiap pemegang polis ini beragam, tergantung pada beberapa faktor, seperti wilayah atau domisili kendaraan, tipe atau jenis kendaraan, nilai kendaraan, usia kendaraan, tipe polis yang dipilih, dan perluasan jaminan yang Anda pilih. Pembagian wilayah domisili sendiri dibagi menjadi tiga, yakni wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan yang ada di sekitarnya, wilayah II meliputi Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Selain itu, ada wilayah III yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.

Klaim Asuransi Ramayana

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil dari Ramayana, Anda perlu melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan, seperti
  1. Polis asuransi Ramayana asli
  2. Formulir untuk klaim asuransi kendaraan
  3. Foto bukti bahwa kendaraan mengalami kerusakan
  4. Fotokopi identitas diri (KTP) pemegang polis
  5. SIM dan STNK dari kendaraan yang akan diajukan asuransinya
  6. Surat laporan kepolisian, biasanya disertakan jika kendaraan mengalami rusak berat
  7. Dokumen lain yang dibutuhkan pihak asuransi Ramayana
Setelah Anda melengkapi dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda bisa mengikuti prosedur untuk klaim asuransi mobil dari Ramayana, yakni:
  • Mengunduh dokumen dari situs ramayanainsurance.com
  • Lalu Anda bisa menghubungi layanan klaim perusahaan asuransi melalui layanan call center di nomor 1500049 atau bisa juga mengunjungi kantor pusat maupun cabang dari asuransi Ramayana
  • Agar Anda bisa mengajukan klaim asuransi kendaraan tersebut, Anda harus melaporkannya tidak boleh melebihi 3x24 jam setelah setelah terjadi kejadian.

Asuransi Wahana Tata

Selain asuransi mobil dari Ramayana, Anda juga bisa mengajukan polis asuransi mobil di Asuransi Wahana Tata atau lebih dikenal dengan Aswata. Perusahaan asuransi mobil yang satu ini cukup unik dan berbeda dengan asuransi mobil pada umumnya, karena menghadirkan produk asuransi mobil yang dikhususkan untuk perempuan. Dengan adanya produk dari asuransi mobil ini, Anda sebagai pemilik mobil wanita bisa mengajukan perlindungan dari kecelakaan mobil seperti tabrakan, benturan, terperosok. Selain itu, ada juga perlindungan dari perbuatan orang jahat, pencurian yang disertai dengan kekerasan, serta kerusakan mobil akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan lainnya. Anda juga akan mendapatkan layanan darurat perbaikan kendaraan yang berada di wilayah jangkauan ERA (Emergency Roadside Assistance) dan juga di wilayah yang tidak terjangkau ERA maksimal Rp500 ribu. Akan didapatkan juga perlindungan barang pribadi dengan nilai maksimal Rp2 juta, dan perlindungan terhadap tempat duduk yang dikhususkan untuk anak dengan nilai maksimal Rp1 juta. Tentunya masih ada banyak pertanggungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi mobil Aswata ini. Untuk mengajukan klaim asuransi Aswata, ada beberapa pilihan klaim yang bisa Anda pilih, bergantung pada kerugian yang dialami, mulai dari kerusakan mobil sebagian, kerusakan mobil total, dan kehilangan kendaraan. Beberapa prosedur untuk mengajukan klaim tersebut diantaranya adalah:
  1. Menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti polis asuransi atau kartu anggota Aswata, fotokopi SIM pengemudi, fotokopi KTP tertanggung, fotokopi STNK mobil, BPKB dan faktur kendaraan asli, lampiran kronologi kejadian bermaterai, dan laporan kepolisian.
  2. Selanjutnya Anda perlu melaporkan klaim melalui nomor call center atau cabang Aswata terdekat.
  3. Tunggu sampai petugas melakukan survei
  4. Jika klaim diterima, penggantian biaya kerugian akan ditransfer oleh pihak Aswata.
Mudah sekali bukan? Jangan lupa untuk cek asuransi Wahana Tata dan dapatkan berbagai kemudahan serta jaminan dalam berkendara. (*/gus)  

Sumber: