Berawal Hobi Koleksi Ikan Mas Koki, Berkembang Jadi Bisnis

Berawal Hobi Koleksi Ikan Mas Koki, Berkembang Jadi Bisnis

Surabaya, memorandum.co.id - Sejak pandemi Covid-19, masyarakat menjadi lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Hal inilah yang kemudian memicu keinginan untuk memelihara ikan hias. Salah satunya ikan mas koki yang kini kian diminati. M Riza Prarenda menjadi salah satu pedagang ikan hias favorit banyak orang ini. Selain pedagang, dia juga peternak. Ada empat jenis ikan mas koki yang dibudidayakan olehnya. Mulai dari ikan mas koki ranchu, ryukin, oranda, dan demekin. Kemudian dijajakan melalui etalasenya di Mochi Gold Fish. “Pada awalnya memang hobi saja, mulai mengoleksi beberapa ikan mas koki pada 2019,” katanya, Minggu (20/3/2022). Lambat laun, Riza tak mengira, koleksi ikan hias yang dipelihara dipinang oleh banyak orang. Berangkat dari sini, Riza memutuskan untuk melakukan budidaya ikan mas koki. Sebab, budidaya ikan mas koki dinilainya mudah. “Ikan mas koki mudah untuk dikembangkan. Karena mereka terbiasa hidup di alam liar, seperti sawah. Jadi cukup menyiapkan kolam terpal dan bibitnya, lalu telaten memberi pakan,” terang pria asal Kediri ini. Riza kemudian tekun mempelajari cara memelihara sekaligus mengembangbiakkan ikan mas koki. Termasuk dengan indukan yang berbeda, sehingga menghasilkan ikan mas koki dengan corak yang beraneka rupa. Bahkan keinginan untuk berbisnis ikan itu semakin kuat saat pandemi mulai melanda. Riza mengaku merogoh omzet yang lumayan saat Covid-19 tinggi-tingginya di Surabaya “Jadi pada Juli 2021, saat Covid-19 tinggi-tingginya, justru penjualan meningkat drastis. Banyak yang dari luar kota juga pesan. Mungkin karena bosan di rumah saja, jadi sambil work from home (WFH) lihat ikan, apalagi ikan mas koki juga mudah dipelihara,” tandasnya. Yang membuat Riza makin untung yakni, tidak hanya penghobi yang membeli ikan di tempatnya, namun juga para pedagang ikan hias. Hal ini lantaran harga yang ditawarkan di Mochi Gold Fish jauh lebih murah dari harga pasaran. Tak heran laku keras. Untuk ikan koi jenis ranchu berkisar Rp 40-300 ribu. Ryukin Rp 25-200 ribu. Jenis ikan mas koki oranda Rp 30-250 ribu. Lalu demekin di kisaran Rp 150-250 ribu. Dan ikan mas koi dibanderol Rp 100-300 ribu. “Tergantung ukuran dan motifnya. Yang paling sering dicari demekin, karena lebih unik secara bentukan,” jelasnya. Di antara konsumennya, diakui Riza justru yang menjadi pelanggan banyak dari pedagang ikan hias. Ke depan, untuk memantapkan bisnisnya ini, Riza berencana melakukan budidaya ikan manfish. Selain karena satu habitat dengan ikan koki, juga mudah dalam pengembangbiakkan. Bagi yang ingin melihat lebih detail, Mochi Gold Fish dapat ditemukan di TikTok: @mochi.goldfish dan Instagram: @mochi.goldfish. Riza melayani penjualan di tempat maupun kirim via paket. (bin/fer)

Sumber: