Kota Malang Raih Top Inovasi Pelayanan Publik 2021 Lewat Inovasi Si Ikan Nila

Kota Malang Raih Top Inovasi Pelayanan Publik 2021 Lewat Inovasi Si Ikan Nila

Malang, Memorandum.co.id - Kota Malang kembali menorehkan prestasi. Kali ini mendapatkan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 melalui inovasi Si Ikan Nila dari Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Inovasi Si Ikan Nila ini masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. Wali Kota Malang Drs H Sutiaji berkesempatan menerima penghargaan secara virtual dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI, di NCC Balaikota Malang, Selasa (9/11/2021). “Semoga dengan diraihnya penghargaan ini, percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Malang dapat terdorong. Serta memicu tumbuhnya model-model pelayanan yang inovatif serta menginspirasi lainnya,” kata Wali Kota Malang. Inovasi Si Ikan Nila merupakan sentra intensif budidaya ikan nila menggunakan sistem bioflok. Inovasi budidaya ikan nila merah ini memanfaatkan lahan tidak produktif atau sempit pada kawasan perkotaan. Dengan menggunakan teknologi bioflok secara kewilayahan berbasis pemberdayaan masyarakat dan keswadayaan wilayah dengan sistem kemitraan. Keunggulan bioflok antara lain produktivitas tinggi dengan panen lebih cepat, hemat lahan, serta hemat air. Inovasi Kelurahan Bakalankrajan tersebut melibatkan 85 pembudidaya yang mayoritas adalah generasi milenial. Dalam setahun, produksi budidaya ini dapat menembus sampai 26,4 ton ikan nila dan meraup omzet sekitar Rp 660,9 juta. Selain itu, kinerja dari Kelurahan Bakalan Krajan beserta masyarakat yang terlibat tidak luput dari perhatian orang nomor satu di Kota Malang ini. “Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan ini. Kedepan harus terus ditigkatkan untuk mengukir prestasi di Kota Malang,” ujarnya. (ari/gus)

Sumber: