2 Biarawati Asal Filipina Jadi WNI

2 Biarawati Asal Filipina Jadi WNI

SURABAYA – Lima orang warga negara asing (WNA) menyatakan ikrar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin (2/9).

Dua di antaranya biarawati sekaligus suster di Rumah Sakit Katolik St Vincentius a Paulo. Selain itu, dua Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) juga dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.Dalam pelantikan itu dihadiri Kadiv Yankumham Hajerati dan Kadiv Keimigrasian Pria Wibawa.

Kedua biarawati itu adalah Lydia Mercado Ramos dan Delia Sotto Abear. “Sejak 1979 saya sudah mengabdi di biara suster  di Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya,” ujar Lydia.

Di RKZ itu, keduanya melayani masyarakat. “Saya sangat mencintai Indonesia, sehingga bahagia menetap dan tinggal di sini,” sambung Delia.

Dalam kesempatan itu, keduanya mendapatkan dukungan dari koleganya sesama suster yang dipimpin romo Eko Budi Susilo.

Di tempat yang sama, Alim Anthony (asal Singapura), Chen Guijian dan Han Youliang (Tiongkok) juga diambil sumpahnya. Dalam sambutannya, Susy mengungkapkan bahwa dirinya berharap, pelantikan dan pengambilan sumpah setia ini tidak hanya menjadi acara seremonial belaka.

“Kami mengimbau agar dalam waktu 14 hari  Saudara segera mengembalikan dokumen kewarganegaraan asingnya dan segera mengembalikan berkas saudara kepada Kantor Imigrasi sesuai dengan tempat dan kedudukan saudara, sehingga seluruh rangkaian proses diperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia bagi saudara menjadi lengkap,” pesan Susy. (fer/udi)

Sumber: