Festival Gandrung Rajungan Potensi Sari Laut hingga Kuliner Lamongan

Festival Gandrung Rajungan Potensi Sari Laut hingga Kuliner Lamongan

Festival Gandrung Rajungan, di Desa Blimbing, Kecamatan Paciran, Lamongan.-Syaiful Anam-

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Bupati LAMONGAN Yuhronur Efendi hadir dalam agenda rutin tahunan yang digelar oleh masyarakat Pantura, yakni Festival Gandrung Rajungan, di Desa Blimbing, Kecamatan Paciran. Rabu 21 Agustus 2024.

BACA JUGA:Keputusan MK Buka Peluang Parpol Tanpa Kursi, Pengamat Politik UINSA: Angin Segar Bagi Demokrasi

Menurut orang nomor satu di Kota Soto, festival ini menegaskan bahwa potensi sari laut yang dimiliki Kabupaten Lamongan melimpah. 

BACA JUGA:Anggota DPRD Jombang Periode 2024-2029 Dilantik

Tidak hanya itu, hal ini juga dijadikan ajang untuk menunjukkan potensi olahan dari sari laut Lamongan. Salah satunya ialah rajungan, yangmana olahan rajungan menjadi menu andalan yang digemari oleh pencinta seafood.

BACA JUGA:Kumham Maluku Dukung Implementasi Kerja Layak sebagai Bentuk Penguatan Strategi Nasional Bisnis dan HAM

"Festival yang diinisiasi langsung oleh masyarakat, menegaskan bahwa Paciran, Brondong dan sekitarnya kaya akan sari laut, terutama rajungan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai media menampik ragam olahraga rajungan, yang menjadi bagian kuliner khas Lamongan," tutur bupati yang akrab disapa Pak Yes.

BACA JUGA:Gelar Opsgab, Timpora Provinsi Jatim Sisir Wilayah Tapal Kuda

Pak Yes menambahkan bahwa potensi sari laut, rajungan, hingga olahan rajungan dipastikan dapat membawa dampak positif dalam perkembangan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Demokrasi Jember Menguat: Keterwakilan Perempuan Tembus 22 Persen

Menurut data dari Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, pada 2024 potensi rajungan mencapai 54.000 kg/bulannya. Sedangkan untuk harga rajungan, saat ini menempati angka 55 ribu rupiah sampai dengan 60 ribu rupiah per kilogram (tingkat nelayan).

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Sidoarjo Dilantik, Sementara Dipimpin Abdillah Nasih dan Suyarno

Karena banyak diminati, rajungan Kabupaten Lamongan telah berhasil mendistribusikan produksinya secara ekspor. Di antaranya ke Amerika, Prancis, Asia, dan lainnya.

BACA JUGA:Kapolsek Karangrejo Sampaikan Materi P4GN untuk Pelajar di Balai Desa Sembon

Sumber: