Komisi III Apresiasi Layanan Ambil  Paspor “Langsung Pamit” Imigrasi Surabaya

Komisi III Apresiasi Layanan Ambil  Paspor “Langsung Pamit” Imigrasi Surabaya

Surabaya, memorandum.co.id - Inovasi terbaru layanan pengambilan paspor kurang dari lima menit (Langsung Pamit) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, mendapatkan apresiaai Komisi III DPR RI saat kunjungan kerja (kunker) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Rabu (14/10/2020). Layanan ini adalah inovasi terbaru di masa pandemi untuk memudahkan pengambil paspor tanpa harus berlama-lama. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Is Edy Ekoputranto mengatakan, layanan pengambilan paspor kurang dari lima menit atau Langsung Pamit ini merupakan terobosan untuk membantu masyarakat dalam pengambilan paspor. “Kami branding dari pengambilan paspor kurang dari lima menit ini bukan hanya slogan. Ini juga ada konsekuensinya berupa pemberian souvenir, apabila lebih dari lima menit,” kata Is Edy Ekoputranto. Pihaknya berkomitmen layanan ini senantiasa bisa dipertahankan. Lantaran berhubungan dengan layanan masyarakat pihaknya tidak main-main karena dampaknya bila tidak sesuai target maka akan banyak komplain dari masyarakat. “Kami Insya Allah akan berkomitmen agar bisa dipertahankan. Karena terlebih khusus kami dalam rangka maju perlahan masuk zona integritas birokrasi bersih dan melayani,” tegasnya. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Krismono menambahkan, berkaitan dengan inovasi pihaknya menekankan memang harus dilakukan. “Iya (inovasi, red) itu harus kita lakukan. Kalau kita bekerja itu harus melakukan perubahan dan itu lah namanya inovasi yang dikerjakan sesuai dengan motto kita, professional, akuntabel, sinergis, tranparan, dan inovasi. Pak Jokowi menekankan bekerja adalah melakukan perbuahan dan inovasi inovasi itulah yang dituntut, apalagi dalam rangka memberikan pelayananyang terbaik kepada masyarakat,” katanya. Inovasi layanan kepada masyarakat itu, disebutkan bisa yang berbasis inovasi teknologi informasi ataupun inovasi biasa seperti dalam meningkatkan dan menciptakan pelayanan dan baik, tempat pelayanan yang nyaman. “Pelayanan yang terbaik kepada masyarakat harus terus kita lakukan,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua Tim Reses Komisi III Adies Kadir mengaku senang dengan banyaknya perubahan yangbsudah dilakukan oleh Imigrasi Surabaya. "Berbagai terobosan ini menunjukkan jika imigrasi memiliki komitmen tinggi untuk melayani maayarakat dalam kondisi apapun. Termasuk di masa pandemi. Ini patut dicontoh oleh yang lainnya, " ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI dalam kunker masa sidang I tahun anggaran 2020 di Jatim selama dua hari. (mik/fer)  

Sumber: