AKBP Arief Fitrianto Mohon Doa dan Dukungan Laksanakan Amanah Baru 

AKBP Arief Fitrianto Mohon Doa dan Dukungan Laksanakan Amanah Baru 

    Walaupun AKBP Arief Fitrianto SH SIK MM belum lama menjabat Kapolres Ponorogo. Namun, tidak sedikit keberhasilan yang diraihnya di berbagai hal, baik persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) maupun dalam hal pembinaan pada masyarakatnya. Sejumlah kasus besar yang meresahkan berhasil diselesaikan dengan baik. Di antaranya, kasus penipuan berkedok penerimaan Akademi Kepolisian (Akpol) dengan kerugian hingga Rp 1 miliar, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), investasi sapi perah bodong, hingga kasus-kasus lain yang menjadi perhatian publik. Dalam kasus penipuan penerimaan taruna Akpol berhasil membekuk pasangan suami istri (pasutri) inisial S dan E, asal Mojoagung, Jombang, yang menjanjikan dapat meluluskan menjadi taruna Akpol dengan menyiapkan dana Rp 1 miliar. Akhirnya mereka diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Untuk perkara investasi sapi perah bodong. Tidak tanggung-tanggung korbannya mencapai seribu orang lebih yang berasal dari Ponorogo maupun warga masyarakat dari Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel), Jawa Barat hingga NTB. Kerugian yang diderita para korban kurang lebih mencapai Rp 500 miliar dan berhasil mengamankan aset Rp 5,5 miliar. Dalam kasus ini, perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2001 ini berhasil mengamankan GS, sebagai otak pelaku dan dua orang lainya. Selanjutnya, kasus curanmor dengan modus melalui media sosial (medsos) maupun konvensional juga juga berhasil diungkap perwira dengan pangkat dua melati di pundak ini. Ungkap besar lainnya, berhasil menangkap pelaku peredaran pil dobel L yang dikenal dengan sebutan pil koplo dengan barang bukti puluhan ribu butir. Yang terbaru dilakukan Arief adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membuat dan menerbangkan balon udara tanpa awak yang sangat membahayakan keselamatan penerbangan maupun bahaya lain seperti kebakaran lahan, rumah maupun rusaknya jaringan listrik yang ada. Kebiasaan masyarakat menerbangkan balon udara dapat ditekan sampai kurang lebih 80 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, banyak kelompok masyarakat yang secara sukarela menyerahkan balon udara yang terlanjur mereka buat. Dalam rangka mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19), sesuai dengan program Kapolda Jatim Irjenpol Dr M Fadil Imran MSi, Arief bersama masyarakat Ponorogo telah mewujudkan Kampung Tangguh untuk kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

Sosial Tinggi

Perhatian kepada masyarakat Ponorogo yang membutuhkan atau kurang mampu juga menjadi atensi bagi Arief Fitrianto. Kegiatan sosial ini juga klop dengan apa yang dilakukan oleh Ketua Bhayangkari Cabang Ponorogo Ny Inanda Arief. Seperti yang dilakukan Ny Inanda Arief bersama Bhayangkari Cabang Ponorogo dengan melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan antara lain seperti bantuan alat pelindung diri (APD), masker, makanan untuk tenaga kesehatan di RSUD dr Harjono Ponorogo, sembako ke panti asuhan yatim piatu, dan lansia di seluruh kecamatan di Ponorogo dan juga memberikan dukungan moril kepada garda terdepan guna memutus mata rantai Covid-19. "Kepada Satgas Covid-19 untuk tetap semangat menjalankan tugas dengan penuh semangat,” ucap Ny Inanda Arief. AKBP Arief Fitrianto mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, juga kepada orang tua serta keluarga, serta kepada pimpinan Polri yang telah memberikan kepercayaan dan amanah baru di Gresik. “Ucapan terima kasih juga kepada senior saya AKBP Kusworo Wibowo, beliau adalah senior teladan bagi kami," ucap Alumni Akademi Kepolisian 2001 ini. Selanjutnya, kepada Bapak Bupati Gresik, jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik, para kiai, ulama, tokoh masyarakat, serta keseluruhan elemen masyarakat Gresik, saya kulo nuwun dan mohon diterima sebagai warga baru. “Mohon doa dan dukungannya dalam mengemban amanah ini. Mari kita Jogo Gresik dan Jogo Jawa Timur," pungkas Arief. Sekadar tahu, inilah kebijakan AKBP Arief Fitrianto saat menjabat Kapolres Ponorogo. BUMI REOG (Bekerja Unggul, Menjaga Integritas, Religius, Empati, Objektif, dan Guyub) Dengan mengusung Program BUMI REOG, Arief melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat Ponorogo melalui kegiatan Safari Jumat Berkah (Sajadah), Safari Reog Kamtibmas, Polisi Sobo Kampung, Cangkrukan Kamtibmas maupun kegiatan pembinaan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya mendekatkan Polisi dengan masyarakat dan Polisi mudah ditemui bila diperlukan oleh masyarakat. (har)

Curriculum Vitae

AKBP Arief Fitrianto SH SIK MM. Lahir di Kota Pati, Jawa Tengah, pada 23 Agustus 1979 dengan NRP 79081441. Lulus Akademi Kepolisian (Akpol) 2001. Kemudian ia mendapatkan penugasan antara lain: - Pamapta di Polres Muara Enim, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) - Kapolsek Rambang Lubai, Polres Muara Enim, Polda Sumsel - Kanitregident Satlantas Polres Muara Enim, Polda Sumsel - Kasatlantas Polres Musi Banyuasin, Polda Sumsel - Kasatlantas Polres Lubuk Linggau, Polda Sumsel - Ka Induk 1 Sat PJR Ditlantas Polda Sumsel - Kapolsek Tanjung Karang Timur, Polresta Bandar Lampung, Polda Lampung - Kasatlantas Polres Way Kanan, Polda Lampung - Kasat Taruna Korbintarsis Ditbintarlat Akademi Kepolisian (Akpol) - Kabagops Polres Lubuk Linggau, Polda Sumsel - Kasatlantas Polresta Palembang, Polda Sumsel - Kasubbagtandispeg Bagdiapers Rodalpers SSDM Polri - Kasubbagmutbata Bagmutjab Robinkar SSDM Polri - Kasubbagmutjabpama Bagmutjab Robinkar SSDM Polri - Kapolres Ponorogo - Kapolres Gresik-Sekarang   Nama pasangan                : DR. INANDA KARINA ASTARI FATMA SSi MSi Nama anak 1. ALYSSA SHAFIRA RIANDA PUTRI
  1. DHAFFA SHADIQ ALKHALIFI

Sumber: