Pelayanan Publik di Surabaya Tetap Optimal Selama FWA, Kunjungan di Siola Meningkat

Gedung MPP Siola.-Oskario Udayana-
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Implementasi Flexible Work Arrangement (FWA) oleh ASN di Surabaya tidak mengurangi kualitas pelayanan publik.
Pada hari pertama pekan FWA, malah terpantau peningkatan jumlah kunjungan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surabaya, Lasidi.
BACA JUGA:Ruang Belajar di Siola Jadi Fasilitas Pendidikan Modern di Tengah Kota Surabaya
Lasidi menjelaskan, terdapat 297 pemohon yang mengurus administrasi kependudukan di MPP Siola. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Jumat pekan sebelumnya, 21 Maret 2025 yang hanya mencapai sekitar 159 pemohon.
--
"Paling banyak memang urusan administrasi kependudukan, pengurusan SKCK, dan tilang elektronik," jelas Lasidi, Senin 24 Maret 2025.
BACA JUGA:Sejarah Museum Siola, Gedung Tua Peninggalan Investor Inggris
Lasidi memastikan pelayanan perizinan tetap optimal selama masa cuti bersama dan libur Lebaran. "Hanya petugas di lantai tiga yang mobile," tambahnya.
Berbeda dengan MPP Siola, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Surabaya mengalami penurunan jumlah pengunjung menjelang Lebaran. Kepala Bidang Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Parkir, PPJ, dan Air Bawah Tanah Bapenda Surabaya, Ekkie Noorisma A, mengungkapkan penurunan hingga 20 persen. Hal ini dikaitkan dengan semakin dekatnya hari raya Idulfitri.
BACA JUGA:Benahi Mal Pelayanan Publik Siola dengan Kenyamanan
"Banyak wajib pajak yang sudah membayar sebelumnya," terangnya.
BACA JUGA:Video : Pegawai Disparta Dijambret Saat Duduk Santai di Depan Siola
Untuk memastikan kelancaran pembayaran pajak, Bapenda Surabaya menyiagakan 20 petugas di MPP Siola dan kantor Bapenda. Rinciannya, 12 petugas untuk PBB dan BPHTB, serta 8 petugas untuk PBJT dan reklame.
"Paling banyak kunjungan wajib pajak PBB," tutup Ekkie. (rio)
Sumber: