Target 95 Persen, Pemkot Genjot Partisipasi Pemilih Khususnya Pemula

Target 95 Persen, Pemkot Genjot Partisipasi Pemilih Khususnya Pemula

Pjs Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani meninjau pelayanan di Kecamatan Bubutan. -Oskario Udayana-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak mendatang, Pemerintah Kota Surabaya tengah gencar melakukan berbagai persiapan. Fokus utama saat ini adalah pada upaya mengoptimalkan potensi partisipasi pemilih pemula, lansia, dan disabilitas. 

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Surabaya Gelar Lomba Mural Pilkada Serentak 2024

"Kami telah berkeliling ke setiap kecamatan untuk menginventarisir potensi partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula. Identitas kependudukan menjadi acuan utama kami dalam merancang strategi peningkatan partisipasi ini," ungkap Pjs Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani, di sela-sela meninjau pelayanan di Kecamatan Bubutan, Kamis 24 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Panwascam Gubeng Adakan Sosialisasi Pilkada

Selain pemilih pemula, masih kata Restu, kelompok masyarakat rentan seperti lansia dan disabilitas juga menjadi perhatian khusus. 

"Camat, lurah, dan relawan sudah siap untuk menjangkau dan mengantar mereka ke TPS. Jika tidak memungkinkan, petugas TPS akan datang langsung ke rumah mereka," tambah Restu.

BACA JUGA:Tak Kantongi Minimal Dukungan Pemilih, Dua Paslon Independen Gagal Melenggang Pilwali Surabaya

Target partisipasi pemilih yang dipatok oleh Pemerintah Kota Surabaya cukup tinggi, yakni mencapai 95 persen. 

"Kami optimis target ini bisa tercapai. Survei yang melibatkan pihak ketiga menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan partisipasi pemilih," ujar Restu.

BACA JUGA:Forkopimda Surabaya Keliling TPS, Target Partisipasi Pemilih Minimal 85 Persen

Persiapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia (SDM) petugas tempat pemungutan suara (TPS) juga terus dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Untuk persiapan lurah dan camat sudah 90 persen. Tinggal bertahap untuk TPS. Ini terus bergerak terus. Jadi sewaktu pelaksanaan pilkada serentak bisa all out. Persiapan SDM dari petugas TPS. 

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sosialisasi Pemilu di Liponsos Keputih

"Kami telah melakukan peninjauan bersama bakesbangpol dan peralatan sudah dikirim. Tinggal menunggu surat suara," pungkas Restu. (rio)

Sumber: