Peringati Hari Santri 2024, Pemkab Tulungagung Beri Bantuan dan Beasiswa Ratusan Santri

Peringati Hari Santri 2024, Pemkab Tulungagung Beri Bantuan dan Beasiswa Ratusan Santri

Pj Bupati Heru Suseno menyerahkan beasiswa.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkab Tulungagung menggelar apel peringatan Hari Santri tahun 2024, pada Selasa 22 Oktober 2024.

Bertempat di halaman Pemkab Tulungagung, peringatan hari santri digelar dengan sederhana, namun berlangsung khidmat. Usai menggelar apel yang dihadiri oleh Forkopimda serta tokoh agama dan para santri, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan santri. Dari total 120 santri yang menerima bantuan tersebut, diantaranya adalah beasiswa santri hingga santri entrepreneur.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Miliki Tim Tanggap Insiden Siber, Antisipasi Serangan Hacker ke Situs Pemerintah

Ditemui usai pelaksanaan apel, Pj Bupati Heru Suseno mengatakan, peringatan hari santri tak lepas dari resolusi jihad yang disampaikan pada tanggal 22 Oktober 1945.

Semangat resolusi jihad ini yang membakar semangat santri untuk bersama - sama mengusir penjajah dari Indonesia.

"Terutama saat KH Hasyim Ashari menyampaikan resolusi jihad, semangat itu harus dirawat sampai saat ini. Kemudian nilai - nilai yang diwariskan harus jadi bekal kita saat ini, santri masa depan adalah santri yang paham teknologi dan berperan aktif dalam banyak sektor," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Upacara Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

Dewasa ini, terang Pj Bupati Heru, peran santri dalam membangun bangsa sangat diperlukan. Apalagi sudah terbukti banyak pejabat negara yang memiliki background dari pesantren.

Heru merinci, dalam skala kedaerahan, peran santri juga diperlukan untuk membangun Kabupaten Tulungagung ke arah yang lebih baik lagi.

"Kita harus menyemangati santri kita, agar belajar agama, teknologi dan berperan untuk Tulungagung, sudah banyak contohnya," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Gebyar Undian Berhadiah Pajak Daerah Tahun 2024

Peringatan hari santri tahun ini diselenggarakan pada masa kampanye, oleh sebab itu pihaknya mengajak santri untuk turut serta dalam membangun bangsa termasuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Untuk perayaannya memang kami dan panitia sudah sepakat agar tidak menggelar acara yang mengundang banyak masa. Karena ini masih masa kampanye dan kita sama-sama menjaga agar Tulungagung tetap kondusif," pungkasnya. (fir/fai)

Sumber: