Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Kebun Raya Purwodadi

Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Kebun Raya Purwodadi

Bunga Bangkai di Kebun Raya Purwodadi.-Hari Mujianto/Muhammad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Keindahan alam kembali memukau pengunjung di Kebun Raya Purwodadi. Bunga bangkai atau dalam istilah latin disebut Amorphophallus Titanum telah mekar sempurna di kawasan konservasi ilmiah di Indonesia itu. 

BACA JUGA:Tidak Usah Bingung! Simak Kegiatan yang Dapat Dilakukan Ketika Berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi

Bungan Bangkai ini termasuk bunga langka. Setelah melewati masa dormansi yang panjang, bunga ini akhirnya mekar sempurna. Tentu saja, peristiwa langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta flora dan peneliti.

Bunga dengan bau khas menyengat mirip bangkai ini mulai menunjukkan tanda-tanda akan mekar sejak awal Oktober 2024. Dengan bobot umbi mencapai 8 kilogram, bunga ini berhasil membuka kelopaknya pada Minggu 13 Oktober 2024. Yang menarik, masih ada sekitar 14 bunga bangkai lainnya yang diperkirakan akan segera menyusul mekar.

Keberhasilan Kebun Raya Purwodadi dalam membudidayakan bunga bangkai ini tidak lepas dari upaya konservasi yang serius. Tim ahli telah bekerja keras menciptakan kondisi yang optimal untuk pertumbuhan tanaman.

"Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, kami berupaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan keanekaragaman hayati," ujar Galendra Jaya, General Manajer Kebun Raya Purwodadi. Minggu 20 Oktober 2024.

Hadhiyyah N Cahyono, Asisten Manajer Hortikultura Holding menambahkan, upaya konservasi in-situ dan ex-situ sangat penting untuk menjaga kelestarian bunga bangkai. Pasalnya, habitat alami bunga bangkai semakin terancam oleh deforestasi.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung keindahan bunga bangkai ini, Kebun Raya Purwodadi membuka kesempatan seluas-luasnya. Pengunjung dapat melihat bunga bangkai di area kafe kebun. Namun, perlu diingat bahwa masa mekar bunga ini sangat singkat, sehingga pengunjung disarankan untuk segera datang.

Lantas, mungkin masyarakat bertanya soal perbedaan antara Amorphophallus Titanum dan Raflessia Arnoldi. Peneliti ahli Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan, ada beberapa perbedaan. Namun yang mencolok bisa disebutkan dua perbedaan. 

Pertama, Bunga Amorphophallus atau bunga bangkai memiliki ukuran bunga yang tingginya bisa mencapai 2,5 meter, dengan lebar 1,5 meter saat mekar. 

BACA JUGA:Wisata Kebun Raya Purwodadi, Info Jam Buka dan Tarif Masuk.

Sedangkan, bunga rafflesia memiliki diameter bervariasi, tergantung jenis. Pada umumnya, diameter bunga rafflesia patma sekitar 35-40 meter, dan bunga rafflesia arnoldi diameternya bisa mencapai 1 meter. 

Kedua, dari sisi bentuk tanaman. Meskipun bunga keduanya tergolong bunga raksasa, tetapi ada perbedaan bentuk yang mencolok dari kedua bunga ini. 

Bunga rafflesia adalah bunga raksasa yang tidak menjulang tinggi, melainkan melebar ke samping. Memiliki lubang besar di tengah dan kelopaknya yang indah berwarna merah bata. 

Sumber: