Gus Iqdam Buat Elektabilitas Rijanto-Beky Melejit di Pilkada Blitar

Gus Iqdam Buat Elektabilitas Rijanto-Beky Melejit di Pilkada Blitar

Rijanto dan Beky bersama Gus Iqdam dalam deklarasi akbar beberapa waktu lalu.-Muhammad Yunus-

BLITAR MEMORANDUM.CO.ID - Elektabilitas (tingkat keterpilihan) pasangan calon (paslon) Bupati dan Calon Wakil Bupati Blitar Rijanto dan Beky Herdihansah (Rizky) di Pilkada Kabupaten Blitar 2024 unggul mutlak dari paslon Rini Syarifah atau Mak Rini dan Abdul Ghoni.

BACA JUGA:Diduga Minta Dukungan BPD, Pencalonan Rini-Ghoni di Pilkada Blitar Terancam Batal

Hasil survei lembaga survey independent Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut tingkat elektablitas pasangan Rijanto-Beky mencapai 55 persen, jauh melampaui elektablitas pasangan Rini Syarifah atau Mak Rini dan Abdul Ghoni yang hanya 27 persen.

BACA JUGA:Rahmat Santoso Siap Kampanye untuk Rijanto-Beky Menangkan Pilkada Kabupaten Blitar

Argo Wahyujati Kusumo, juru bicara (jubir) pasangan Rijanto-Beky menyambut positif hasil survei LSI Denny JA di Pilkada Kabupaten Blitar 2024.

Sebab seperti yang diketahui, LSI merupakan lembaga survey kredibel dan independen yang mengedepankan aspek ilmiah. Rilis LSI kata Argo merupakan bentuk gambaran riil dan sekaligus jadi penyemangat untuk Blitar lebih baik lagi.

Argo juga menyatakan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat Kabupaten Blitar kepada pasangan Rijanto-Beky.

“Alhamdulillah, ini menjadi penyemangat untuk bekerja lebih keras lagi demi Kabupaten Blitar lebih baik. Tugas kita saat ini adalah menjaga hingga hari H pemungutan suara. Sebab kompetisi masih berjalan,” ujarnya kepada wartawan Jumat 18 Oktober 2024.

Survei LSI Denny JA di Pilkada Kabupaten Blitar diketahui berlangsung pada 7-12 Oktober 2024. LSI memakai metodologi multi stage random sampling melalui wawancara tatap muka kepada 440 responden dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen.

Surveyor secara teknis menunjukkan kartu bantu simulasi kertas suara bupati dan wakil bupati kepada responden untuk membaca dan mengamati sebelum kemudian mencoblosnya.

Hasilnya, paslon Rijanto-Beky unggul mutlak 55 persen. Sementara jumlah suara tidak sah diketahui sebesar 0,5 persen dan belum memutuskan/ merahasiakan pilihannya sebesar 17,5 persen.

Mengacu hasil survey, peneliti LSI Denny JA Fadhli Fakhri Fauzan mengatakan pasangan petahana Mak Rini-Ghoni dalam posisi tidak aman mengingat selisih ketertinggalan mencapai 28 persen.

Mengingat waktu pemungutan suara tinggal sebulan lagi, Mak Rini butuh kerja ekstra keras untuk bisa mengejar ketertinggalan. Mak Rini dinilai tidak mampu mengkapitalisasi periode kepemimpinannya sebagai modal dasar elektabilitas.

Dalam survei LSI juga membeberkan alasan tingginya elektabilitas paslon Rijanto-Beky yang sangat dipengaruhi tingkat kesukaan masyarakat kepada sosok keduanya.

Sumber: