Pembaretan 1.150 Siswa SMAN Taruna Jatim, Pj Gubernur: Cetak Generasi Berintegritas Menyongsong Indonesia Emas

Pembaretan 1.150 Siswa SMAN Taruna Jatim, Pj Gubernur: Cetak Generasi Berintegritas Menyongsong Indonesia Emas

Pj Gubermur Adhy Karyono melakukan pembaretan kepada siswa SMAN Taruna Jatim.--

MADIUN, MEMORANDUM.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melakukan pembaretan kepada 1.150 siswa siswi SMAN Taruna Negeri Jatim Tahun Ajaran 2024-2025 di Lanud Iswahyudi, Madiun, Selasa 15 Oktober 2024. 

Prosesi pembaretan pada siswa siswi SMAN Taruna Nala, SMAN 3 Taruna Angkasa, SMAN Taruna Bhayangkara, SMAN 5 Taruna Brawijaya, serta SMAN Taruna Madani kali ini diawali dengan penyiraman air bunga oleh Pj Gubernur Adhy.

Yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelepasan topi rimba kemudian pemasangan baret kepada perwakilan taruna-taruni. Tak hanya itu, melengkapi prosesi sakral tersebut, para taruna-taruni se-Jatim tersebut juga membacakan ikrar SMA Taruna Jawa Timur.

BACA JUGA:HUT ke-79 Pemprov Jatim, Pj Gubernur Tegaskan Posisi Strategis Jatim sebagai Gerbang Nusantara Baru

Pj Gubernur mengatakan, pembaretan ini menjadi awal dari perjalanan yang penuh semangat, tantangan dan prestasi yang membanggakan. Tidak hanya itu, pembaretan ini menjadi momentum dalam pembinaan mental spiritual untuk mencetak SDM unggul menyongsong Indonesia Emas 2045

"Di SMAN Taruna di Jatim ini, para siswa siswi digembleng untuk menjadi generasi yang disiplin, berintegritas, agar kelak menjadi pemimpin yang berprestasi, termasuk secara akademik,” jelasnya. 

Mengantisipasi adanya kekerasan atau tindak bulying selama pendidikan, Pj Gubernur menegaskan bahwa tidak ada perilaku kekerasan selama pendidikan di tingkat SMA Taruna ini. Komitmen itu, dijabarkan melalui ikrar yang dibacakan siswa. 
Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai menyerahkan Piala Juara Umum OSN tingkat Nasional kepada Pj Gubernur Adhy Karyono.--

BACA JUGA:PTSL Jatim Tembus 100 Persen, Pj Gubernur: Bentuk Kepastian Hukum Atas Kepemilikan Tanah

“Kami melarang keras hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kekerasan hingga adanya pembulyingan," terangnya. 

"Semoga SMA Negeri Taruna di Jatim terus menjadi institusi yang melahirkan generasi-generasi unggul, berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara," harapnya. 

Menurutnya, tantangan di masa depan lebih kompleks dimana perkembangan teknologi telah mampu merubah tata dunia baru yang berbasis teknologi informasi dan Artificial Intelligence (AI). 

BACA JUGA:Kawasan Kuliner Halal Pertama di Jatim Diresmikan Pj Gubernur Adhy Karyono di Tulungagung

Untuk itu, persiapkan diri dengan serius dengan budayakan berpikir kritis, inovatif, kreatif, kolaboratif namun tetap beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. 

Pj Gubernur berpesan, bahwa pembaretan bersama ini bukan sekadar momentum penanda sakral diterimanya sebagai Taruna-Taruni di sekolah. Namun, pembaretan ini sebagai bukti komitmen serta tugas dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan masa depan. 

Sumber: