Pemkab Sidoarjo Gencarkan Bersih-bersih Sungai

Pemkab Sidoarjo Gencarkan Bersih-bersih Sungai

Pjs Bupati Sidoarjo turun untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan.--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Pjs Bupati Sidoarjo, Muhammad Isa Anshori melakukan inspeksi mendadak (sidak) sekaligus mengajak masyarakat untuk bersih-bersih di Sungai Pelayaran Tawangsari, Kecamatan Taman, Jumat 11 Oktober 2024. 

Dalam kegiatan ini, Isa Anshori didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo, Dwi Eko Saptono, serta sejumlah aparatur desa setempat. 

Isa sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui Geber (Gerakan Bersih Sidoarjo) serta upaya menanggulangi banjir yang sering terjadi di kawasan tersebut, terutama menjelang musim penghujan. 

BACA JUGA:Mahasiswa Digerojok Beasiswa Pemkab Sidoarjo

"Saya mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah, karena kalau musim hujan tiba, banyaknya sampah ini akan membuat banjir sehingga merugikan kita semua," katanya. 

Isa menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan sungai agar aliran air tetap lancar dan tidak tersumbat oleh sampah maupun sedimentasi. 

"Sungai ini sangat vital untuk mengendalikan banjir di kawasan Taman dan sekitarnya. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan, yaitu melalui tindakan aparat desa dan Kecamatan," jelasnya. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Gus Muhdlor, KPK Panggil Dua Pejabat Pemkab Sidoarjo

"Tadi saya juga sudah berbincang dengan aparat desa dan kecamatan agar rutin mengerahkan warganya untuk bersih-bersih sungai dan menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah di sungai," tambahnya. 

Setelah kegiatan di Sungai Pelayaran Tawangsari, Isa Anshori didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sidoarjo, Yany Setyawan sidak di Alun-alun Sidoarjo. Sidak ini dilakukan untuk memantau kondisi fasilitas umum yang kerap menjadi pusat kegiatan warga. 

Ia menyoroti pentingnya menjaga keasrian dan ketertiban di Alun-Alun Sidoarjo, mengingat kawasan ini adalah ikon dari Kabupaten Sidoarjo. 

BACA JUGA:39 Ruas Jalan Diperbaiki Pemkab Sidoarjo

"Kami akan memastikan seluruh fasilitas publik di Alun-Alun Sidoarjo terjaga dengan baik, mulai dari kebersihan, keamanan, hingga kenyamanan bagi warga yang beraktivitas di sini, termasuk penataan parkir dan pedagang," ujarnya.(nrl/imm/sud/jok)

Sumber: