Podcast Memorandum TV: Sambut Pilkada Serentak 2024, Polres Probolinggo Kota Siap Kawal Kondusifitas

Podcast Memorandum TV: Sambut Pilkada Serentak 2024, Polres Probolinggo Kota Siap Kawal Kondusifitas

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian, SIK MH bersama host Eko Yudiono. --

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID-Polres Probolinggo Kota berkomitmen penuh menjaga kondusifitas Pilkada Serentak 2024. Mulai dari pengamanan tahapan kampanye hingga hari pencoblosan.

Tidak hanya itu, satuan polisi di bawah komando Kapolres AKBP Oki Ahadian ini juga ikut berperan dalam mendorong partisipasi pemilih. Yakni, dengan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada 27 November mendatang.

“Kami sudah melakukan beberapa tahapan, baik dari sisi tahapan pengamanan maupun tahapan koordinasi. Adapun koordinasi yang kami lakukan bukan hanya bersama penyelanggara pemilu saja, tetapi juga seluruh stakeholder. Hal ini guna mendukung kelancaran Pilkada Serentak 2024," kata Oki Ahadian.

BACA JUGA:Podcast dengan Pegiat Sosial Ning Fika: Setelah Terpilih Jangan Lupakan Pemilik Suara

Menurut Oki, potensi gangguan di wilayah Probolinggo termasuk dalam kategori kurang rawan. Meski demikian, pihaknya tidak mau lengah.

Sebanyak 400 personil nantinya disiagakan. Masing-masing TPS akan dijaga ketat untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas.

"Kami sudah menyiapkan sekitar 400 personil untuk mengamankan TPS di Probolinggo. Sehingga dengan harapan pada proses pemungutan suara nanti dapat berjalan lancar dan tidak ada gangguan," ucap Oki.

Selain memantau di darat, jajaran Polres Probolinggo Kota juga siaga di udara. Artinya, pengawasan di jejaring media sosial turut dilakukan. Hal ini untuk meminimalisir adanya hoaks, hate speech, dan black campaign.

BACA JUGA:Podcast dengan Peraih Medali Emas Porwanas e-Sport: Sulitnya Membagi Waktu Liputan dan Latihan

Kemudian, masing-masing paslon yang berkontestasi diberikan pengamanan melekat. Dua orang polisi menjaga satu paslon. Upaya ini penting untuk menjamin keselamatan dan aktivitas berdemokrasi.

"Kami gencar sampaikan melalui medsos, tokoh masyarakat, dan timses, apabila ada hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu kenyamanan, keamanan dan terhasutnya pendukung, maka hubungi kami sesegera mungkin agar segera bisa dilakukan klarifikasi," jelas Oki.

"Silakan berkontestasi, mau berbeda pendapat nggak ada masalah, yang penting adalah tetap menjaga situasi tetap aman, nyaman, dan kondusif," sambung dia.

Terakhir, Oki berpesan kepada masyarakat untuk terlibat aktif menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Jika ada hal-hal yang perlu diadukan, pihaknya meminta masyarakat melapor melalui command center bernama Meteor.

BACA JUGA:Podcast dengan Dr Lia Istifhama, Anggota DPD RI Terpilih yang Juga Puteri Singa Podium: Amanah Itu Berat

Sumber: