Police Goes to School: Satlantas Jember Sosialisasikan Keselamatan Berkendara Pelajar SMK Islam Bustanul Ulum

Police Goes to School: Satlantas Jember Sosialisasikan Keselamatan Berkendara Pelajar SMK Islam Bustanul Ulum

Kasatlantas Polres Jember, AKP Achmad Fahmi Adiatma, , S.T.K., S.I.K. dihadapan 1.400 siswa SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari, Jember--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember kembali mensosialisasikan pentingnya tertib berlalu lintas kepada generasi muda. Kali ini, program 'Police Goes to School' menyasar 1.400 siswa SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari, Jember. Kamis 3 Oktober 2024.

Kegiatan yang dikemas dalam program 'Ruwatan Lantas' ini menghadirkan Kasatlantas Polres Jember, AKP Achmad Fahmi Adiatma, , S.T.K., S.I.K., sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, AKP Achmad Fahmi menekankan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

"Kita semua harus sadar bahwa keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Mulai dari diri sendiri, kita harus tertib dan disiplin dalam berlalu lintas," tegas AKP Achmad Fahmi.

BACA JUGA:Satlantas Polres Jember Raih Juara 1 Kapolres Cup 2024 dalam Rangkaian HUT Ke-78 Bhayangkara

Lulusan Akpol tahun 2015 ini, Juga mengingatkan para siswa-siswi akan bahaya mengemudikan kendaraan bermotor di bawah umur dan kewajiban penggunaan helm saat berkendara.

Selain itu, larangan keras terkait balap liar dan penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis turut menjadi sorotan dalam sosialisasi ini.

Iptu Ika Mufid Dati, S.E., M.Psi., KBO Satlantas Polres Jember, dan Iptu Edy Purwanto, S.H., Kanit Gakkum Satlantas Polres Jember, secara bergantian memberikan penjelasan mengenai bahaya dan konsekuensi dari pelanggaran-pelanggaran lalu lintas tersebut.

BACA JUGA:Kurangi Balap Liar, Satlantas Polres Jember Gandeng IMI Gelar Latber Dragsetting

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga diisi dengan tanya jawab yang melibatkan seluruh peserta. Siswa-siswi tampak antusias bertanya mengenai berbagai hal terkait lalu lintas, mulai dari tata cara berkendara yang benar hingga sanksi bagi pelanggar.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pelajar. Kami jadi lebih paham tentang aturan lalu lintas dan bahayanya jika kita melanggar," ujar Faruk, salah satu peserta sosialisasi.

Melalui program ini, Satlantas Polres Jember berharap dapat menumbuhkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas sejak dini. Dengan begitu, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar dapat terus ditekan. (edy)

Sumber: