5 Tips Agar Kulkas Lebih Hemat Energi Listrik dan Lebih Awet

5 Tips Agar Kulkas Lebih Hemat Energi Listrik dan Lebih Awet

Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang paling dibutuhkan banyak orang. Kulkas umumnya juga beroperasi hampir 24 jam penuh dan jarang dimatikan dayanya. --Freepik

MEMORANDUM.co.id - Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang paling dibutuhkan banyak orang. Kulkas umumnya juga beroperasi hampir 24 jam penuh dan jarang dimatikan dayanya.

Hal tersebut menjadikan kulkas menjadi alat elektronik yang menghabiskan banyak energi listrik di rumah. Semua tentunya ingin agar biaya-biaya pengeluaran rumah tangga dapat ditekan seminimal mungkin termasuk dalam urusan biaya listrik.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan berbagai kebiasaan yang dapat menghemat pemakaian listrik peralatan rumah tangga termasuk kulkas.

BACA JUGA:5 Tips Masak Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Gampang Basi

BACA JUGA:Stres? Jangan Panik! Coba 6 Tips Relaksasi Ini

Berikut 5 tips agar kulkas lebih hemat energi listrik dan lebih awet

1. Sesuaikan Kapasistas

Perhatikan daya tampung kulkas sebelum mengisinya. Optimalkan penggunaan kulkas agar lebih berdaya guna, namun hindari mengisi terlalu penuh sesak agar sirkulasi  udara tidak terganggu.

Pengisian kulkas yang terlalu penuh dan tidak menyisakan ruang sirkulasi udara akan menyebabkan kulkas bekerja lebih berat yang berimbas pada naiknya tingkat penggunaan daya listrik yang membuat tagihan bulanan listrik kamu melonjak.

2. Atur Suhu Kulkas

Hal lain yang bisa kalian lakukan untuk menghemat listrik pada kulkas yakni, atur suhu kulkas dengan benar sesuai kebutuhan saja.

Hindari mengatur suhu pada titik terendah, karena hal tersebut akan menyebabkan tenaga yang akan dikeluarkan oleh kulkas akan lebih besar dan akan mempengaruhi daya listrik dari kulkas itu sendiri.

3. Jangan Memasukkan Makanan Panas

Jika kamu akan menyimpan makanan dalam kulkas, jangan langsung menempatkannya dalam kulkas saat masih panas. Tunggulah sampai makanan dingin lalu kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

Dengan begitu, suhu kulkas tidak meningkat karena hawa panas dari makanan yang harus membuatnya menghabiskan lebih banyak daya listrik agar kembali dingin.

BACA JUGA:Ternyata, Abun Sungkar Suka Banget Ngejar Adrenalin! Intip Hobinya yang Ekstrem

BACA JUGA:Mitos Makanan Harus Dihabiskan: Fakta atau Kebiasaan?

4. Kurangi Waktu Buka Pintu Kulkas

Setiap kali kamu membuka pintu kulkas, udara dingin keluar dan udara hangat masuk. Hal ini memaksa alat bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang telah diatur.

Sumber: