Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata di Musim Pancaroba, Jangan Diucek jika Kena Debu, Cukup Gunakan Pelembab

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata di Musim Pancaroba, Jangan Diucek jika Kena Debu, Cukup Gunakan Pelembab

Host Podcast Memorandum TV Eko Yudiono dan dr Lydia Nuradianti Sp M (K). --

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID- Pentingnya menjaga kesehatan mata di musim pancaroba dipaparkan oleh dr Lydia Nuradianti Sp M (K). Dokter cantik yang praktik di RS Mata Undaan dan RS Mitra keluarga Pondok Tjandra ini menjelaskannya di Podcast Memorandum TV.

Bersama host Eko Yudiono, Podcast lengkapnya bisa disaksikan di YouTube Channel Memorandum TV mulai Jumat, 27 September 2024 mulai pukul 16.00.


Host Eko Yudiono dan dr Lydia Nuradianti Sp M (K). --

Menurut dr Lydia-sapaan karibnya, di musim pancaroba, kebanyakan mata menjadi kering. “Karena itu jangan lupa makan makanan sehat agar kelembaban mata tetap terjaga. Jangan lupa ketika di out door memakai topi dan mata kaca hitam,” ungkapnya.

Menurut dr Lydia mata merah atau biasa dikenal dengan belekan bisa menular. “Karena itu jika di kantor ada yang mata merah sebaiknya disuruh libur. Itu menularnya bukan karena pandang-pandangan tetap menular lewat media misalnya bolpoin. Nah ketika bolpoin ini dipegang temannya yang kebetulan sakit mata lalu ucek-ucek mata pasti menular,” ungkap dr Lydia.

Kebiasaan mengucek-ucek mata meurut dr Lydia sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan infeksi. “Jadi ketika mata merah jangan diucek. Teteskan saja obat mata. Tapi jangan yang mengandung steroid.  “Penggunaan obat tetes mata yang ada kandungan steroid menyebabkan tekanan dalam bola mata yang cukup lama sehingga kerusakan pada syaraf penglihatan,” jelasnya.

Dokter Lydia juga mengingatkan pentingnya menghindari stres. Karena stress juga menurunkan imun. Secara tidak langsung juga menyebabkan fungsi organ tubuh termasuk mata menurun. Debu jalanan di musim pancaroba juga menjadi masalah tersendiri bagi mata. Saran dr Lydia, jika berkendara dengan motor sebaiknya juga menggunakan kaca mata hitam yang menutup mata secara keseluruhan.

 “Jangan hanya memakai kaca mata buat gaya-gayan saja. Karena penyakit mata bisa sangat berbahaya,” bebernya.

Meski memakai lensa kontak, dr Lydia juga menyarankan tetap menggunakan kaca mata hitam di siang hari. Sebab, fungsi lensa kontak bukan untuk melindungi mata dari debu dan benda-benda lain yang berbahaya bagi mata.

Di bagian akhir, dr Lydia juga menyarankan agar masyarakat memeriksakan kesehatan mata sekali seumur hidup. “Nah, jika sudah periksa dan penglihatan normal kan tidak masalah. Yang jadi masalah ketika ada masalah dengan mata anda. Karena itu penting untuk memeriksakan kesehatan mata meski sekali seumur hidup. Sebab, deteksi sejak dini akan membuat aset berharga Anda yaitu mata akan terjamin. Sayangi mata Anda,” pungkasnya. (ono)

Sumber: