Pasca-Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Mengais Barang Dagangan yang Tersisa

Pasca-Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Mengais Barang Dagangan yang Tersisa

PKL mengais barang dagangan yang tidak ikut terbakar.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Musibah kebakaran yang melanda Pasar Pasrepan menyisakan duka mendalam. Khususnya buat para pedagang. Di antara mereka ada yang mengais sisa barang dagangannya. Namun ada kalanya yang berusaha untuk bangkit kembali dengan berharap ada percepatan relokasi. 

BACA JUGA:Pj Bupati Pasuruan Sidak Lokasi Kebakaran Pasar Pasrepan, Siapkan Relokasi dan Bantuan Modal Usaha

Pemerintah Kabupaten Pasuruan sendiri dituntut untuk bergerak lebih cepat. Pemkab diminta cekatan dan sat-set dalam membuat kebijakan untuk meringankan beban para korban. 

Sebagai langkah awal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan telah menyiapkan rencana relokasi sekitar 227 lapak pedagang kaki lima (PKL) dan 42 kios yang ludes terbakar. Lokasi relokasi yang telah disiapkan adalah Pasar Buah. Letaknya tidak jauh dari lokasi kebakaran sebelumnya. 

BACA JUGA:Kebakaran Savana Gunung Bromo Jelang Upacara Yadya Kasada

Kepala Bidang Perdagangan, Dedi Irawan menjelaskan, pihaknya melakukan pendataan ulang untuk memastikan hanya pedagang yang sah yang akan menempati lokasi baru.

BACA JUGA:Labfor Polda Jatim Selidiki Bekas Kebakaran Gedung BRI Bangil

"Kami ingin memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran. Oleh karena itu, kami akan melakukan verifikasi data secara ketat," tegas Dedi, Selasa 10 September 2024.

BACA JUGA:Kebakaran Gudang Springbed Merembet ke Rumah Warga

Rencananya, para pedagang akan segera dikumpulkan untuk mengikuti sosialisasi mengenai mekanisme relokasi dan fasilitas yang akan disediakan di Pasar Buah. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan kepastian dan ketenangan bagi para pedagang yang terdampak.

BACA JUGA:Kebakaran, Pedagang Pasar Karang Ketuq Direlokasi

Meskipun mengalami musibah yang cukup besar, semangat para pedagang untuk bangkit kembali patut diapresiasi. Mereka terlihat sibuk mengumpulkan sisa-sisa barang dagangan mereka. 

BACA JUGA:Kebakaran di Pasuruan Lumat Gudang Meubel dan Kandang Kambing

Dengan adanya dukungan dari pemerintah, diharapkan para pedagang dapat segera memulai kembali usaha mereka dan Pasar Pasrepan dapat kembali bergeliat seperti sedia kala. (hm/mh)

Sumber: