Program Megilan Pertanian Kodim Lamongan Dikunjungi Kapoksahli

Program Megilan Pertanian Kodim Lamongan Dikunjungi Kapoksahli

Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Ramli kunjungan penanaman padi, jagung serta sorgum organik di Rawa Jangkungabal Desa Kebalankulon, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan--

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Program MEGILAN (Modern Organik Ramah Lingkungan Berkelanjutan) pertanian karya Kodim 0812/Lamongan dikunjungi oleh Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Ramli, sekaligus melakukan penanaman padi, jagung serta sorgum organik di Rawa Jangkungabal Desa Kebalankulon, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan.

Komandan Kodim 0812/ Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan mengungkapkan, Tentara Nasional Indonesia merupakan alat Negara bidang pertahanan dan dituntut melaksanakan tugas menjaga keutuhan wilayah, kedaulatan negara dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

BACA JUGA:Tim Wasev Sterdam V/Brawijaya Gelar Binsiap Apwil dan Puanter di Kodim Lamongan

Namun demikian, di era modern seperti sekarang, TNI dituntut untuk selalu berperan aktif membantu Pemerintah dalam mensukseskan program. Tak terkecuali, program swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Melalui sinergi yang kokoh dengan semua Stakeholder, khususnya Kodim Lamongan terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan lahan tidur di wilayah Kodim Lamongan yang dinamai sebagai Pertanian Megilan (Modern, Organik,Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan).

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kodim Lamongan Gelar Bazar Murah

BACA JUGA:Komitmen Mitigasi Bencana, Perhutani KPH Mojokerto Gandeng Kodim Lamongan

Dandim Lamongan, berkesempatan mendampingi Kapoksahli Pangdam V/Brawijaya melaksanakan penanaman padi, jagung dan sorgum untuk membantu mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di wilayah teritorial Kodim Lamongan. Dikatakan bahwa dirinya beserta jajaran akan senantiasa mendukung program program Pemerintah.

"Kami akan selalu berupaya untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program program Pemerintah" ujar Dandim Lamongan.

Lanjutnya, bahwa ketersediaan bahan pangan merupakan syarat mutlak dimiliki oleh sebuah Negara, seperti Indonesia. Dengan adanya pemanfaatan lahan tidur di wilayah teritorial Kodim Lamongan, diharapkan akan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain untuk melakukan hal yang serupa.

"Petani memiliki peran yang sangat luar biasa, sebagai Penyangga Tatanan Negara Indonesia (istilah Petani)," kata Dandim. Ketersediaan pangan kita, tergantung kepada Petani kita. Oleh karena itu, Kami menghimbau para jajaran Babinsa agar senantiasa membantu para Petani dengan sepenuh hati," pintanya.

BACA JUGA:Tanggap Bencana Banjir, Kodim Lamongan Bersama Muspika Turi Bersinergi

Dalam kunjungannya, Brigjen Ramli, mengucapkan, "Alhamdulillah ini adalah karya Kodim Lamongan, pengembangan dari anggota Kodim persilangan jenis padi sehingga menghasilkan padi permalainya itu jelas diatas 400 butir. Usia masa tanam sekitar 80 hari Insya Allah sudah panen. Termasuk jagung tadi usia panennya lebih pendek dibanding yang konvensional."ucapnya

"Nah ini ditindaklanjuti dengan harapan kedepannya masyarakat mulai terbiasa menggunakan pupuk organik, pupuk organik itu bisa kita buat sendiri, ini salah satu contohnya. Sehingga diharapkan nanti pembibitan ini bisa dikembangkan serta dimanfaatkan ditempat lain," imbuh Brigjen TNI Ramli.

Sumber: