Komitmen Mitigasi Bencana, Perhutani KPH Mojokerto Gandeng Kodim Lamongan

Komitmen Mitigasi Bencana, Perhutani KPH Mojokerto Gandeng Kodim Lamongan

Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto menggandeng Kodim 0812/Lamongan menggelar Karya Bhakti penghijauan dan pembersihan saluran air di bantaran Waduk Desa Primpen, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.--

LAMONGAN, MEMORANDUM -Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersinergi gandeng Kodim 0812/Lamongan menggelar Karya Bhakti pembersihan saluran air dan penghijauan di bantaran Waduk Desa Primpen, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Hal ini sebagai langkah agar apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bencana alam sebelum terjadi (memitigasi) bencana. Jum'at 2 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Kamis kemarin, dengan menanam sebanyak 1.500 bibit tanaman produktif dan juga bibit tanaman jenis kayu - kayuan. Diantaranya, bibit pohon nangka, bibit pohon mahoni, bibit pohon kayu putih.

BACA JUGA:Bulan Bakti di Lamongan, Sinergi Bersama Ciptakan Lamongan Nyaman dan Aman

"Perhutani KPH Mojokerto bersama Kodim 0812/Lamongan berkomitmen untuk terus bersinergi dalam upaya mitigasi bencana dan pelestarian alam, terutama dalam hal ini di wilayah KPH Mojokerto tepatnya di Desa Primpen, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan," tegas Rusydi, Administratur Perhutani KPH Mojokerto.

BACA JUGA:KAI Anugerahi Penghargaan Sandry Panambuna kepada Pemkab Lamongan

Membersihkan saluran air, embung, waduk, dan penanaman bersama ini, menurut Rusydi, merupakan langkah bersama untuk mengatasi potensi bencana yang sering terjadi pada musim penghujan. "Ini adalah upaya kolektif dalam menjaga kelestarian alam, serta lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

“Dengan demikian, semangat gotong-royong dan sinergitas tetap komitmen kita lakukan. Meski demikian, tutur dia, kegiatan ini tidak hanya menjadi upaya konkret dalam mengurangi risiko bencana tetapi juga menjadi warisan luhur nenek moyang dalam menjaga kelestarian lingkungan alam,” tutur Rusydi mengakhiri. 

Dikesempatan yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0812/Lamongan Letkol Arm I Ketut Wira Purbawan mengungkapkan, berkolaborasi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk melaksanakan normalisasi saluran air dan penanaman pohon.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap mitigasi bencana, khususnya yang terkait dengan alam serta juga upaya pencegahan penyakit.

Dengan menjaga dan memelihara alam, ucap Dandim Lamongan, maka alam pun akan menjaga kita. Ini adalah salah satu bentuk upaya kita dalam merawat alam," terang Dandim singkat.

Selain Komandan Kodim (Dandim) 0812/Lamongan Letkol Arm. I Ketut Wira Purbawan yang hadir bersama Administratur Perhutani KPH Mojokerto, Rusydi, dalam kegiatan Karya Bhakti TNI ini.

Turut serta hadir juga jajaran Perhutani KBH Mojokerto, Koramil 0812/07 Bluluk, Forkopimcam Bluluk Lamongan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), anggota Polsek Bluluk jajaran Polres Lamongan, perguruan pencak silat serta masyarakat setempat.

Diketahui, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto salah satu unit kerja manajemen di wilayah Divisi Regional Jawa Timur, dengan luas wilayahnya 31.922,6 Ha, meliputi kawasan hutan di Kabupaten Mojokerto, Lamongan, serta Kabupaten Jombang.

Sumber: