Pj Wali Kota Malang Matangkan Perbaikan Gedung Sekolah

Pj Wali Kota Malang Matangkan Perbaikan Gedung Sekolah

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM langsung gerak cepat menindaklanjuti hasil kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Rabu 28 Agustus 2024. Salah satunya terkait dengan rencana perbaikan gedung sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Malang.

Sebagai informasi, saat mengunjungi Disdikbud Kota Malang, orang nomor satu di Pemkot Malang itu mendapat informasi tentang kondisi 51 gedung sekolah dasar dan 13 sekolah menengah pertama dalam kondisi rusak dengan kategori berat, sedang, dan ringan.

Genap seminggu, Rabu 4 September 2024 Iwan langsung mengadakan rapat teknis mematangkan rencana perbaikan gedung sekolah. Dalam rapat itu hadir pula Asisten Administrasi Pemerintahan, Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUPRPKP, dan juga Kepala Disdikbud Kota Malang.

BACA JUGA:Selamatkan Setengah Triliun Aset Negara, Wamen ATR/Waka BPN Serahkan Sertipikat Tanah ke Pemkot Malang

Lebih lanjut, Iwan mengatakan perbaikan gedung ini merupakan prioritas yang harus segera dilakukan. Ditambahkannya, ini juga dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kota Malang yang harus ditunjang dengan sarana dan prasarana belajar yang representatif.

Iwan tidak menampik bahwa perbaikan ini membutuhkan alokasi anggaran yang besar, karena itulah selain menggunakan anggaran APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD tahun 2025 orang nomor satu di Pemkot Malang ini juga mengupayakan kontribusi perusahaan melalui program TSP (Tanggungjawab Sosial Perusahaan).

“Mengamati data ini (gedung rusak, red), maka ini menjadi satu kebutuhan, prioritas yang perlu segera dilakukan. Karena sarana dan prasarana yang representatif berdampak pada mutu Pendidikan. Tentu ini butuh alokasi yang besar, tetap kita upayakan alokasi anggaran di tahun 2025 dan memaksimalkan kontribusi perusahaan melalui TSP,” kata Iwan Kurniawan.

BACA JUGA:Pemkot Malang Berikan Pemahaman Media ke Pendidik

Menindaklanjuti hal tersebut, Iwan menginstruksikan kepada Kadisdikbud untuk menentukan skala prioritas dan percepatan. Selain itu Penjabat Walikota Malang itu juga menginstruksikan untuk merekam kondisi eksisting gedung sekolah yang rusak bersama Kadis PUPRPKP.

“Nah ini saya minta Pak Kadisdikbud segera membuat kondisi eksisting sekolah, lalu tentukan skala prioritas dan percepatan. Pak Kadis PU juga bisa membantu rencana biaya yang dibutuhkan. Rencana saya nanti akan kita pilah, mana yang bisa kita alokasikan di APBD dan mana yang melalui TSP,” jelasnya.

Terkait dengan TSP, Iwan nantinya akan berkomunikasi bersama Kepala Bappeda. Diharapkan, kontribusi dan tanggung jawab perusahaan bisa menjadi alternatif dalam membantu Pemkot Malang melakukan perbaikan gedung sekolah ini.

BACA JUGA:Pemkot Malang Siapkan Hibah untuk Disabilitas

“Nanti saya akan berkomunikasi dengan Kepala Bappeda, kita jadwalkan untuk bertemu. Beberapa waktu lalu sudah saya sampaikan tentang kontribusi ini kepada perusahaan-perusahaan,” terangnya Iwan Kurniawan.

Pj Wali Kota mendorong agar program yang baik ini bisa terealisasi di awal tahun 2025 dan diharapkan semua program berjalan lancar dan tidak ada permasalahan administratif yang menghambat kebijakan prioritas yang harus dilakukan.

Sumber: