Dibanjiri Ribuan Penonton, Tim Gabungan TNI-Polri Kawal Pengamanan Kerapan Sapi Piala Presiden

Dibanjiri Ribuan Penonton, Tim Gabungan TNI-Polri Kawal Pengamanan Kerapan Sapi Piala Presiden

Suasana pengamanan grand final event kerapan sapi memperebutkan Piala Presiden di kompleks Stadion RP Moh Noer.--

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Tim gabungan TNI-Polri dan Satpol-PP menerapkan pengamanan ekstra ketat ketika ribuan penonton membanjiri event kerapan sapi akbar memperebutkan Piala Presiden yang digelar di Stadion RP Moh Noer di Jalan Raya Sekep, Kecamatan Bangkalan, Minggu 1 September 2024.

Puluhan personel Satsamapta, Satlantas, Satreskrim, Brimob, serta TNI AD dari Kodim 0829 dan TNI AL dari Lanal Batuporon, dikerahkan untuk mengamankan event akbar yang diikuti oleh  24 pasangan sapi kerap tercepat dari 4 kabupten di Madura.

BACA JUGA:Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Terus Fokus pada Target Pencapaian

Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya menyampaikan, pengaman ektra ketat oleh tim gabungan TNI-Polri dan Satpol PP dari pemkab wajib diterapkan. Sebab event kerapan sapi akbar setera perebutan Piala Presiden, cukup rentan kemungkinan terjadi ricuh.

Selain itu, kebiasaan membawa sajam, termasuk saat gelaran event kerapan sapi, masih saja kerap menjadi kebiasaan buruk di kalangan warga Madura.

"Karenanya, pengamanan ketat, termasuk penggeledahan, harus kami lakukan,” tegas AKBP Febri. 

BACA JUGA:Menteri AHY Berkeliling IKN Bersama Presiden, Wapres RI, Menteri KIM Meninjau Embung hingga Sumbu Kebangsaan

Peserta kerapan sapi diikuti masing-masing kabupaten, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Kabupaten Bangkalan, berhak mengirim 6 pasang sapi kerap tercepat yang menjadi juara dari hasil  seleksi di masing-masing kabupaten. 

Event grand final Piala Presiden yang dihelat rutin setiap tahun ini, kaprah dibanjiri oleh ribuan pentonton. Mereka tidak hanya datang dari 4 kabupaten di Madura. Tetapi juga wisatawan domestic dari luar Madura.

”Termasuk wisatawan dari manca negara,” ungkap kapolres.

BACA JUGA:Jaksa Agung ST Burhanuddin Terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden RI

Dalam aplikasinya, titik pengamanan ketat dilakukan di pintu masuk stadion, di garis start  serta garis finish. Termasuk ribuan penonton yang berdesakan di pagar pembatas sisi Barat dan Timur lapangan kerap, juga menjadi titik pantau pengamanan.

Terutama di tribun kehormatan yang ditempati undangan pejabat dari 4 kabupaten dan Provinsi JawaTimur, menjadi fokus titik  pantauan aparat keamanan. 

Syukurlah, gelaran grand final keparapan sapi memperebutkan Piala Presiden yang  dibuka resmi Pj Bupati  Bangkalan bersama Pj Sekdaprov Jawa Timur Bomby Soemiarsono, bergilir tertib, lancar, aman dan kondusif.

Sumber: