Pendaftaran Cabup-Cawabup, Tim Gabungan Polres Bangkalan Rutin Pantau Keamanan KPU dan Bawaslu

Pendaftaran Cabup-Cawabup, Tim Gabungan Polres Bangkalan Rutin Pantau Keamanan KPU dan Bawaslu

Personel tim gabungan polres nyambangi Kantor KPU Bangkalan di Jalan KRE Martadinata.--

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam beberapa hari terakhir ini, terutama jelang pendaftaran Cabup-Cawabup Selasa sampai Kamis 29 Agustus 2024, tim gabungan Polres Bangkalan, secara bergilir rutin pantau dan nyambangi Kantor KPU di Jalan KRE Martadinata dan Kantor Bawaslu di Jalan Pemuda Kaffa.

Tujuannya untuk jaga dan kawal keamanan Kantor KPU dan Bawaslu dari kemungkinan adanya gangguan kamtibmas. Termasuk kemungkinan adanya aksi demo baik dari komunitas mahasiswa maupun komponen masyarakat.

“Sesuai arahan Bapak Kapolres AKP Febri Isman Jaya, pengamanan di beberapa obyek vital jelang Pilkada Serentak, seperti Kantor KPU dan Bawaslu harus rutin diterapkan,” kata Kasi Humas Polres Bangkalan, Iptu Risna Wijayati, Rabu 28 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Pilkada Sumenep, Cabup Fauzi jadi Pencoblos Pertama di TPS 3 Desa Torbang

Alasannya, sejak Baleg DPR-RI berencana merivisi UU Pilkada menyikapi Putusan  Mahkamah Konstiutusi ( MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan Nomor 70/PUU-XXII/2024 direspon publik melalui aksi demo yang menggurita di seluruh tanah air.

“ Termasuk adik-adik Mahasiswa dan sebagian masyarakat sempat menggelar aksi demo di Gedung DPRD Bangkalan, Sekalipun Sidang Peripurna DPR-RI untuk merevisi UU Pilkada batal dilaksanakan,” tandas Iptu Risna.

Namun, riak aksi secara sporadis masih menggejala. Kali ini sarasannya Kantor KPU sebagai penyelenggara Pilkada Serentak, meski KPU di seluruh  maupun Kabupaten dan Kota, sepakat untuk mematuhi Putusan MK Nomor 60 dan 70 sebagai pesyaratan  pendaftaran Cagub-Cawagub maupun Cabup-Cawabup.

“ Nah, untuk mengantisi kemungkinan gangguan kamtibmas, personel tim gabungan Polres, sesuai arahan Bapak Kapolres, harus memaksimalkan pantauan dan jaga keamanan Kantor KPU. Termasuk Bawaslu,” jelas Iptu Risna. 

BACA JUGA:Fattah Jasin Tunggu Rekomendasi PKB untuk Cabup Sumenep

Syukurlah, hingga awal pendaftaran Selasa 27 Agustus 2024 lalu, situasi dan kondisi Kantor KPU dan Bawaslu terpantau aman dan terkendali. Tidak ada riak pergerakan massa. Sikon Kabupaten Bangkalan secara umum juga kondusif.

Meski begitu, personel tim gabungan Polres, dalam beberapa hari terakhir ini, secara bergilir, tetap rutin nyambangi Kantor KPU dan Bawaslu di Kecamatan Bangkan Kota. Targetnya untuk memastikan lembaga penyelenggara dan pengawas Pilkada tersebut dalam kondisi aman.

Hingga pendaftaran hari pertama, belum ada satupun Cabup-Cawabup besutan Parpol yang datang mendaftar ke KPU. Bahkan hingga kini baru ada satu paslon Cabup-Cawabup yang memastikan bakal ikut dalam kontestasi Pilkada Serentak. Yakni duet Lukman Hakim dan Fauzan Jakfar yang diusung Partai Nasdem. (ras/day)

Sumber: