Tangani Isu Strategis, Pj Wali Kota Iwan Libatkan Forum TSP

Tangani Isu Strategis, Pj Wali Kota Iwan Libatkan Forum TSP

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan melakukan rapat koordinasi dengan forum TSP.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM mengajak Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Malang untuk ikut andil dalam menyelesaikan sejumlah isu strategis di Kota Malang. 

Menurutnya, kontribusi tanggung jawab sosial perusahaan akan semakin efektif apabila terprogram dan sejalan dengan isu strategis yang sedang dihadapi pemerintah. 

Langkah ini diambil Pj Wali Kota Iwan dengan harapan isu-isu strategis dapat segera terselesaikan. Mengingat Forum TSP dapat berperan mengakomodir program maupun isu yang realisasinya terhambat mekanisme APBD Kota Malang.

BACA JUGA:Pemkot Malang Berikan Pemahaman Media ke Pendidik

“Saya ingin berdiskusi dengan teman-teman Forum TSP ini pada program-program yang telah berjalan. Saya telah melakukan roadshow ke berbagi perangkat daerah untuk memetakan isu strategis,” kata Pj Wali Kota Iwan pada Audiensi Dinas dengan Forum TSP Kota Malang di Ruang Rapat Walikota Balaikota Malang, Kamis 29 Agustus 2024.

Dikatakan, ada isu-isu yang memang menjadi tanggung jawab Pemkot Malang tapi ada juga isu yang bisa diintervensi dengan potensi TSP. “Kami ingin ada kontribusi dari teman-teman pengusaha di isu strategis ini,” harap Pj Wali Kota Malang.

Isu strategis yang ditawarkan Pj Wali kota Iwan kepada Forum TSP Kota Malang diantaranya keberlanjutan Malang Creative Center, pembinaan atlet jelang Pekan Olahraga Provinsi pada 2025, revitalisasi tiga pasar di Kota Malang. Kemudian permasalahan sampah seperti pembangunan pilot project pada lima Tempat Penampungan Sementara (TPS).

BACA JUGA:Pemkot Malang Siapkan Hibah untuk Disabilitas

“Ada banyak isu strategis yang bisa dipakai. Termasuk yang menjadi fokus kita pada penanganan SD yang mengalami kerusakan. Juga terkait bantuan sosial yang berkorelasi dengan penanganan inflasi, kemiskinan maupun stunting. Sehingga dukungan program prioritas tidak hanya diakomodir APBD Kota maupun Provinsi atau APBN, tapi juga bisa melalui TSP,” urai Pj Wali kota Iwan.

Ke depan untuk menyelaraskan hal tersebut, Pj Wali Kota Iwan akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Forum TSP Kota Malang guna menentukan program kerja untuk penanganan isu strategis.

“Maka saya ingin ada diskusi untuk memetakan program yang kita susun bersama. Program jangka pendek yang bisa kita eksekusi pada September sampai dengan Januari 2025. Kita intervensi dengan potensi yang ada. Nanti kita petakan juga jangka panjang pada Januari hingga Desember 2025. Sehingga TSP ini bisa sejalan dengan isu yang telah terpetakan serta rencana strategis,” jelas Pj Wali Kota Iwan Kurniawan. (pkp/ari)

Sumber: