Satlantas Polres Gresik Gelar Seleksi Pemilihan Duta Lalu Lintas 2024

Satlantas Polres Gresik Gelar Seleksi Pemilihan Duta Lalu Lintas 2024

Satlantas Polres Gresik menyelenggarakan seleksi pemilihan Duta Lalu Lintas Gresik 2024.--

GRESIK, MEMORANDUM.CO.ID - Satlantas Polres Gresik menyelenggarakan seleksi pemilihan Duta Lalu Lintas Gresik 2024. Acara yang berlangsung pada Kamis 22 Agustus 2024 diikuti oleh delapan peserta terpilih. Terdiri dari empat calon duta lalu lintas laki-laki dan empat calon duta lalu lintas perempuan. Dari seleksi ini, dua peserta terbaik akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Gresik dalam ajang Duta Lalu Lintas Mahameru Polda Jatim 2024 yang akan diselenggarakan pada September mendatang.

Seleksi ini menggunakan metode presentasi dan wawancara. Setiap peserta diberikan waktu untuk mempelajari dua esai bertema “Budaya Sadar Hukum dalam Berlalu Lintas” dan “Budaya Disiplin Pengendara Motor.” Esai tersebut merupakan karya tulis dari dua Duta Lalu Lintas Gresik 2023 yang berhasil mengantarkan perwakilan putri Gresik meraih juara pertama pada ajang Duta Lalu Lintas Mahameru Polda Jatim tahun lalu.

BACA JUGA:Hari Juang Polri Ke-79, Kapolres Gresik Pesan Tingkatkan Citra Polri di Masyarakat

Para peserta diberikan waktu 30 menit untuk mempelajari esai sebelum kemudian mempresentasikannya dalam waktu dua menit. Setelah itu, peserta harus menjawab tiga pertanyaan wajib dengan total waktu 10 menit. Penilaian juga mencakup respon peserta terhadap pertanyaan tambahan dari dewan juri.

“Kami ingin mengetahui bagaimana kemampuan peserta dalam memahami karya tulis, yang mencakup analisis budaya berlalu lintas di Indonesia, khususnya di Kabupaten Gresik, dan kemudian mempresentasikannya dengan bahasa mereka sendiri,” ujar Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca,

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak, Polres Gresik Gelar Peragaan Sistem Pengamanan Kota

“Kami berharap metode ini dapat memunculkan ide-ide baru yang relevan dengan situasi dan kondisi kota saat ini, yang nantinya dapat diimplementasikan dalam program kerja Duta Lalu Lintas.”Ucap Kasat Lantas

Proses seleksi kali ini melibatkan empat juri yang terdiri dari berbagai elemen, yaitu rekan media, Duta Lalu Lintas 2023, Unit Kamsel Satlantas Polres Gresik, dan Kasat Lantas Polres Gresik. Setiap juri memberikan penilaian dari sudut pandang yang berbeda, mencakup wawasan umum, pemahaman peraturan lalu lintas, serta karakter dan integritas peserta.

BACA JUGA:Polres Gresik Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

“Kami melibatkan banyak elemen dalam pemilihan ini karena kami ingin mencetak seorang Duta Lalu Lintas yang benar-benar memahami kondisi lalu lintas saat ini,” jelas AKP Derie Fradesca,

“Ini juga merupakan komitmen kami untuk selalu melibatkan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan tentang berlalu lintas.”Lanjut Kasat Lantas

BACA JUGA:Kapolres Gresik Hadiri Upacara HUT kemerdekaan RI Ke-79 di Pemkab Gresik

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, dua peserta akhirnya terpilih sebagai Duta Lalu Lintas Gresik 2024, yaitu Fran Niko Azara sebagai duta laki-laki dan Yuki Herianto sebagai duta perempuan. Keduanya akan melanjutkan perjuangan mewakili Gresik dalam ajang Duta Lalu Lintas Mahameru Polda Jatim 2024.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Gresik, Ipda Andreas Dwi Anggoro, memberikan pesan penutup kepada para peserta, “Bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat. Kekalahan adalah proses menuju kemenangan yang tertunda. Dan bagi para pemenang, selamat atas prestasinya. Kami sudah tidak sabar untuk bekerja sama dengan kalian, merealisasikan ide-ide yang telah disampaikan, demi menjadikan Gresik kota yang aman dan nyaman dengan budaya berlalu lintas yang baik.”

Sumber: