Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Komitmen Kawal Pilkada Kota Malang

Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Komitmen Kawal Pilkada Kota Malang

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan (baju putih) menghadiri rakor kesiapan Pilkada serentak 2024.--

YOGYAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Jawa, di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Rabu 21 Agustus 2024.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menghimbau pada Pemerintah Daerah untuk dapat menjaga stabilitas di bidang politik, hukum, dan keamanan agar situasi dapat tetap dalam keadaan kondusif dan terkendali menjelang pilkada.

BACA JUGA:HUT 79 RI, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Serahkan 2.058 Remisi

BACA JUGA:Peringatan HUT 79 RI, Momentum Pj Wali Kota Iwan Bangun Sinergitas

Merespons arahan tersebut Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 ini.

“Untuk seluruh warga Kota Malang, saya menghimbau agar turut serta mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024, dengan bersama-sama menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan. Jaga persatuan dan kesatuan dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan,” katanya.

BACA JUGA:Hadiri Pengarahan Jokowi, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Akan Lakukan Ini untuk Pembangunan Kota Malang

Menurutnya, Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab dalam penyelenggaraan fasilitasi Pilkada, sehingga perlu melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka mengoptimalkan perannya sebagai elemen pemerintahan yang terdekat dengan penyelenggara Pilkada termasuk juga dengan ketersediaan anggaran.

“Fasilitasi ini penting dan harus menjadi perhatian Pemkot Malang agar Pilkada dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan,” terangnya mengenai upaya Pemkot Malang menindaklanjuti arahan Menko Polhukam. 

BACA JUGA:Apel Perdana, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Ajak ASN Berinergi dan Berinovasi

Pemkot Malang telah menyerahkan 100 persen anggaran dana hibah Pilkada 2024 kepada KPU, Bawaslu, Kepolisian dan TNI sebagai salah satu bentuk fasilitasi pemerintah daerah.

Adapun besarannya yaitu KPU sebesar Rp.55.294.478.400; Bawaslu sejumlah Rp.28.066.758.200; Kepolisian senilai Rp.5.754.815.000; dan TNI senilai Rp.2.146.500.000.

BACA JUGA:Sapa Forkopimda, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Siap Bangun Kota Malang Lebih Sejahtera

Lebih lanjut, Iwan Kurniawan mengatakan salah satu poin penting lainnya yang juga disampaikan oleh Menko Polhukam adalah pentingnya menjaga netralitas TNI, Polri, dan ASN.

Sumber: