Semangat Pramuka di Surabaya Tetap Berkobar

Semangat Pramuka di Surabaya Tetap Berkobar

Bambang Wiyono, Wakil Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Surabaya.-Arif Alfiansyah/mg-29-

BACA JUGA:Jaksa Menanam, Kejati Jatim Tanam 200.500 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Utara

"Yang sekarang ini anak anak muda sudah kadang-kadang tidak tertarik, karena kegiatan-kegiatan anak anak muda sekarang ini sudah mengarahkan pada hal-hal yang negatif, kalau anak anak ini tidak kita mulai didik karaktermya sejak dari SD maka nanti SMPnya-SMA akan tidak bagus. Artinya pramuka ini sangat penting sebenarnya. Karena di pramuka tujuannya adalah pembentukan watak, " jelasnya. 

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Sumbawa Dukung Sail Indonesia Yatch Rally 2024

Wakil Binawasa Kwarcab Pramuka Surabaya juga menjelaskan, beberapa waktu lalu dalam forum yang dihadiri seluruh kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Surabaya disampaikan visi baru bagi gerakan pramuka di Kota Pahlawan. Wiyono menegaskan bahwa tujuan akhir dari kegiatan pramuka adalah Pramuka Garuda.

"Selama ini, banyak anggota pramuka yang mengikuti kegiatan selama bertahun-tahun, namun belum mencapai tingkatan tertinggi, yakni Pramuka Garuda. Dengan adanya kerja sama yang lebih erat dengan kepala sekolah, kami berharap setiap siswa dapat termotivasi untuk terus aktif di Pramuka dan mencapai prestasi maksimal," jelasnya. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kwarcab Pramuka Surabaya mendorong para Kamabigus (kepala sekolah) untuk berperan lebih aktif dalam memantau dan mendukung kegiatan pramuka di sekolah masing-masing. 

BACA JUGA:Kiai Lecehkan Santriwati di Ponpes Gresik Resmi Jadi Tersangka

"Dengan adanya dukungan dari kepala sekolah, kami yakin tujuan pramuka untuk membentuk karakter generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia dapat tercapai," tambahnya.

Kolaborasi antara Pemerintah Kota Surabaya, DPRD Surabaya semakin memperkuat komitmen untuk menjadikan Pramuka sebagai kegiatan yang berdampak signifikan bagi perkembangan siswa. Dukungan penuh dari Pemerintah Kota Surabaya, termasuk alokasi anggaran melalui APBD, semakin menjamin keberlangsungan dan pengembangan program-program Pramuka di Surabaya.

BACA JUGA:Keliling IKN Bareng Presiden, Menteri AHY Tinjau Embung Sampai Sumbu Kebangsaan

"Semoga nanti tujuan dari pramuka benar benar tercapai, nanti akan sinkron antara dinas pendidikan, kemudian gerakan pramuka dengan pemkot Surabaya. Karena bagaimana juga anak anak generasi muda tanggung jawab kita bersama, maka kita harus kerja sama semua dan ini sudah bagus seperti ini kita difasilitasi oleh pemerintah kota dan DPRD yang selalu membantu mengegolkan supaya benar-benar pendanaan pramuka bisa dibiayai dana APBD," pungkasnya. (*)

Sumber: