Pemda Seram Bagian Barat Studi Tiru Penerapan Zona Integritas Kemenkumham Maluku

Pemda Seram Bagian Barat Studi Tiru Penerapan Zona Integritas Kemenkumham Maluku

Kemenkumham Maluku Kembali Jadi Rujukan Studi Tiru Penerapan Zona Integritas, kali ini dari Pemda Seram Bagian Barat !--

MALUKU, MEMORANDUM - Kanwil Kemenkumham Maluku kembali menjadi rujukan studi tiru Penerapan Zona Integritas. Kali ini datang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Jumat 9 Agustus 2024.

Memimpin langsung tim dari SBB Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten SBB, Johanis. M. Soukotta mengungkapkan bahwa kunjungan ini dalam rangka persiapan lomba Penerapan Kawasan/Zona Integritas yang akan digelar di SBB dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.

Soukotta menerangkan bahwa pemilihan Kemenkumham Maluku sebagai objek studi tiru didasarkan pada reputasi lembaga ini dalam penerapan Zona Integritas.

"Kami ingin belajar langsung dari yang terbaik. Kemenkumham Maluku telah membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan transparan," ujarnya.

BACA JUGA:Desk Monev RKT RB Tahun 2024, Kemenkumham Maluku Tunjukkan Implementasi Nyata Pelaksanaan RB

BACA JUGA:Kakanwil Maluku Apresiasi Survei Ditjen Imigrasi, Harap Ada Kebijakan Spesifik untuk Wilayah Perbatasan

Diterima langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo didampingi Kabag Program dan Humas La Margono, dan Kabid Hukum Abd. Malik Wagola. Kakanwil membeberkan secara detail kiat-kiat sukses dalam membangun Zona Integritas. Menurutnya, kunci utama keberhasilan terletak pada perubahan mindset dan cultureset seluruh pegawai.

"Zona Integritas bukan hanya sekadar slogan, tetapi harus menjadi bagian dari budaya kerja kita," tegas Hendro.

BACA JUGA:Samakan Persepsi Reformasi Birokrasi, Tim Itjen Entry Meeting di Kemenkumham Maluku

BACA JUGA:Siapkan SDM Unggul 2045, Kemenkumham Maluku Ikuti Launching Webinar Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM

Selain itu, Hendro juga menekankan pentingnya pemenuhan data dukung dan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Data yang akurat dan lengkap sangat penting untuk mengukur kinerja kita. Sementara itu, pelayanan prima adalah cerminan dari komitmen kita untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat," tambahnya.

Berdiskusi hingga petang, tim penilai dari SBB kemudian diajak berkeliling untuk melihat langsung penerapan Zona Integritas di lingkungan Kemenkumham Maluku. Tim SBB diajak untuk  mengunjungi berbagai unit layanan, dan ruang informasi publik. (*)

Sumber: