Pemkab Ngawi Targetkan 2.230 Rumah Tersambung Air Bersih

Pemkab Ngawi Targetkan 2.230 Rumah Tersambung Air Bersih

Maftuh Affandi.--

NGAWI, MEMORANDUM - Pemkab Ngawi menargetkan 2.230 rumah tersambung air bersih pada tahun 2024. Tercatat ada 23 desa setiap tahun mengalami krisis air bersih. 

"Pembangunan instalasi pada tahun 2024 ini DPRKP juga akan menerapkan penampungan air hujan dan pembuatan tandon di daerah rawan kekeringan. Kita tegetkan 2.230 sambungan rumah yang teraliri air bersih," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Ngawi Maftuh Affandi. 

BACA JUGA:93.031 Jiwa di Ngawi Rawan Krisis Air Bersih

BACA JUGA:Masyarakat Desa Penambangan Nikmati Air Bersih dari Sumur Bor Berkat Program TMMD Ke-120

Maftuh menjelaskan, bahwa untuk penyediaan air bersih pada masyarakat tahun ini melalui program kegiatan sistem penyediaan air minum (SPAM) serta penyediaan air minum berbasis masyarakat (Pamsimas) dengan cara pembangunan dan pengembangan sarana instalasi air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penyediaan air bersih terlebih saat musim kemarau.

BACA JUGA:Resmikan 4.895 Sambungan Rumah Gratis, Gus Yani Pastikan Pasokan Air Bersih Layak, Aman, dan Terjangkau

Pada tahun ini terdapat beberapa program dalam pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat terutama di daerah non cekungan air tanah (cat) yakni dengan dilakukannya pembangunan, pengembangan dan perluasan terhadap sarana instalasi penyediaan air minum. 

"Lokasi yang menjadi sasaran di fokuskan pada desa yang masuk kategori rawan kekeringan," ujarnya. (aris/dika).

Sumber: