Self-Love: Rahasia Hubungan yang Sehat dan Bahagia

Self-Love: Rahasia Hubungan yang Sehat dan Bahagia

Dengan mencintai diri sendiri kita menjadi lebih siap untuk mencintai orang lain dengan cara yang matang dan seimbang.-Darius Bashar-Unsplash

MEMORANDUM - Cinta adalah kata yang sudah biasa kita dengar dari mulut orang - orang yang merasakan cinta.

Cinta sebenarnya suatu kata untuk mengungkapkan beberapa hal yang kita sukai, bukan hanya terhadap manusia ataupun mahluk hidup.

Maka dari itu cinta terkadang bisa mempengaruhi Kesehatan mental, ekspresi tubuh, dan juga suasana hati.

Baiknya sebelum mencintai sesuatu maupun mencintai orang lain, cintailah diri sendiri terlebih dahulu dengan berbagai hal hal yang kamu sukai dan baik buat diri kamu sendiri.

Mengapa self love itu penting karena self-love bukan hanya tentang memanjakan diri, tetapi juga tentang menghargai, menerima, dan merawat diri sendiri.

Mengapa hal ini penting sebelum mencintai orang lain? Mari kita telusuri lebih dalam.

1. Memahami diri sendiri adalah hal yang pertama kali harus di lakukan, ini melibatkan proses mengenali kelebihan dan kekurangan anda, serta menerima diri apa adanya melalui introspeksi dan refleksi diri.

BACA JUGA:Dijamin Senyum-Senyum Sendiri! 5 Rekomendasi Drakor yang Cocok Untuk Kamu Pecinta Genre Romantis Sekolah

Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang siapa anda sebenarnya, Dengan pemahaman ini dapat menjadi fondasi penting dalam membangun hubungan yang sehat terhadap orang lain.

2. membangun kepercayaan diri dengan mengatasi ketidak pedean dan mengembangkan harga diri yang positif, membuat anda menjadi lebih siap menghadapi tantangan dalam hubungan.

Penting juga untuk menetapkan batasan personal, yang menunjukkan bahwa kita menghargai diri sendiri dan mengharapkan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

3. Merawat kesehatan mental dan emosional self-love juga berarti harus selalu memperhatikan bagaimana pengelolaan stres dan kecemasan, karena mempengaruhi kesehatan mental dan emosional.

sering menyenangkan diri sendiri dengan kebutuhan dan juga mencapai sesuatu yang membuat diri sendiri bangga juga dapat menjadikan mental dan emosional menjadi seimbang.

4. Menciptakan kebahagiaan independent sebelum bergantung pada orang lain, sebenarnya hal wajar jika manusia memrlukan bantuan orang lain karena manusia adalah mahluk sosial, namun untuk berjaga - jaga terkadang harus belajar melakukan beberapa hal yang membuat kita Bahagia secara independent.

Penting bagi semua orang untuk menciptakan kebahagiaan sendiri yang bisa dilakukan dengan mengembangkan hobi, membangun jaringan dukungan sosial, mengejar tujuan personal, mendengarkan music - music favorit, menjelajahi tempat - tempat yang belum di kunjingi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Rahasia Membuat Perempuan Jatuh Cinta Berdasarkan Love Languange

Kemandirian terhadap diri sendiri ini membuat seseorang tidak terlalu bergantung pada pasangan maupun orang lain untuk pemenuhan diri, jadi membuat anda selalu siap bila orang datang da pergi begitu saja.

5. Menyeimbangkan cinta diri dan cinta pada orang lain, cinta yang sehat membutuhkan keseimbangan antara mencintai diri sendiri dan orang lain.

Ini berarti belajar memberi dan menerima cinta secara seimbang, menghindari pengorbanan diri yang berlebihan, dan mempertahankan identitas individu dalam hubungan.

Dengan self-love yang kuat kita dapat mencintai orang lain tanpa kehilangan diri kita sendiri.

Self-love bukan tentang menjadi egois atau emosional, ini adalah fondasi penting untuk membangun hubungan yang sehat. Dengan mencintai diri sendiri kita menjadi lebih siap untuk mencintai orang lain dengan cara yang matang dan seimbang.

Semua hal yang bisa di lakukan untuk bisa membuat diri anda merasa Bahagia maka lakukanlah, tidak ada yang lebih menyenangkan selain membuat diri sendiri merasa Bahagia dan terpenuhi. (mg23)

Sumber: