Cegah Gangguan Kamtibmas, Patroli Malam Tim Gabungan Polres Bangkalan Sisir Kawasan Rawan 3C

Cegah Gangguan Kamtibmas, Patroli Malam Tim Gabungan Polres Bangkalan Sisir Kawasan Rawan 3C

Tim Patroli Polres saat menyisir dan pantau sikon disepanjang jalan kembar Sukarno-Hatta dan jalan kembar menuju Pasarean KH Moh Kholil-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Tim gabungan patroli malam Polres Bangkalan kembali turun ke lapangan, menyisir kawasan rawan gangguan kamtibmas. Targetnya, untuk menciptakan rasa aman bagi warga di wilayah hukum Polres. Terutama dari gangguan aksi 3C,  yakni curat, curas dan curanmor. Termasuk begal motor dan jambret jalanan.

“Rutinitas giat patroli dibeberapa lokasi rawan aksi 3C itu rutin dilakukan setiap akhir pekan. Termasuk Sabtu dan Minggu 28 Juli 2024 malam kemarin,” kata Kasi Humas Polres, Iptu Risna Wijayati, mengitip arahan Kapolres AKBP Febri Isan Jaya, Selasa 30 Juli 2024.

Rutintas giat patroli itu, lanjut Iptu Risna, kaprah  dilakukan tim gabungan Sat Samapta, Sat Lantas dan Sat Reskrim mulai pukul 22.00 sampai 03.00 dini hari menjelang subuh. 

Tujuannya untuk mencegah aksi bandit jalanan. Terutama aksi curanmor dan begal motor. Salah satunya di disepanjang ruas disepanjang jalan akses Jembatan Suramadu sisi Madura yang membentang dari Kecamatan Burneh hingga Kecamatan Labang. Lokasi ini tergolong paling rawan. 

BACA JUGA:Semarak Tahun Baru Islam, Polres Bangkalan Kawal Lomba Pawai Lampion Tingkat SD dan MI

Terutama malam hari ketika sikon sepanjang ruas jalan sudah mulai sepi. Deretan warung, café,  rumah makan dan SPBU yang kaprah buka non stop 24 jam, kerap menjadi target sasaran aksi  curanmor dan begal.

Bahkan, salah seorang anggota Polwan Polres Bangkalan, pernah manjadi korban begal. “Karenanya, kawasan ini menjadi salah satu prioritas giat patroli dini hari yang kami kembangkan,” tandas Iptu Risna

Selain menyisir sepanjang ruas jalan akses Jembatan Suramadu,  giat patroli juga memantau kawasan rawan lainnya. Diantaranya  disepanjang ruas jalan kembar dari Desa Bilaporah ke Desa Kramat tempat Pasarean KH Moh Holil, serta sepanjang ruas  Jalan Ki Lemah Duwur dan jalan raya Skep di Kelurahan Bancaran.

“Kawasan ini tidak hanya rawan curanmor dan begal motor. Tetapi juga populer sebagai tempat balap motor liar yang biasa digelar pada kisaran pukul 02.00 s/d 04.00 dini hari,” terang Iptu Risna.

BACA JUGA:Kapolres Bangkalan Anugerahkan Reward kepada 16 Personel Berprestasi

Selaian itu, seluruh kawasan jantung Kota Bangkalan, terutama disepanjang ruas jalan kembar Sokarno-Hatta, Jalan Teuku Umar, Jalan KH Moh Kholil, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Trunojoyo, Jalan Jokotole, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan A Yani, Jalan Pemuda Kaffa dan Jalan Sultan Abdul Kadirun, juga jadi titik pantau giat patroli malam.

“Semua kawasan di jantung kota itu, dipadati oleh deretan pusat perbelanjaan, cafe, restoran, SPBU, kantor perbankan, serta kompleks perkantoran Pemkab. Jadi juga rawan gangguan kamtibmas. Termasuk di malam hari,” pungkas Iptu Risna Wijayati.(ras/day)

Sumber: