Pj. Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Sungai

Pj. Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Sungai

Indah Wahyuni Pj. Bupati Lumajang Saat Memperingati Hari Sungai Nasional di Wisata Kali Pinus Poncosumo Sumberwuluh Candipuro-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan ekosistem sungai. Hal ini bisa dimulai dengan cara menjaga kebersihan dan stop membuang sampah sembarangan ke sungai

"Mari kita menjaga ekosistem sungai yang ada di Lumajang, seperti tidak membuang sampah sembarang, sehingga tidak mengakibatkan sungai tercemar," kata Yuyun, dalam Acara Peringatan Hari Sungai Nasional 2024, di Wisata Kali Pinusan Poncosumo, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Kamis 25 Juli 2024. 

Menurutnya, sungai adalah fitur alam yang tak hanya memberi manfaat ekologis besar, tetapi juga menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Misalnya, dari menyediakan air bersih serta sarana irigasi. 

"Sungai merupakan sumber kehidupan bagi manusia, karena dari sungai kita bisa memperoleh air minum dan sumber irigasi, sehingga akhirnya ketahanan pangan di Lumajang bisa tercukupi dengan baik," terangnya. 

BACA JUGA:4.100 Sak Pupuk Disalurkan Pemkab Lumajang Bagi Petani Tembakau

Acara Peringatan Hari Sungai Nasional di Wisata Kali Pinusan Poncosumo ini diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur. Acara juga diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti penanaman bibit pohon dan pelepasan bibit ikan.

Yuyun berharap, Hari Sungai Nasional 2024, dapat menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem sungai. 

"Dengan adanya Hari Sungai ini, diharapkan bisa membuat kita lebih menjaga ekosistem sungai," harapnya.(Ags)

Sumber: