Polres Bangkalan Kawal Kejuaraan Pencak Silat Trunojoyo Cup

Polres Bangkalan Kawal Kejuaraan Pencak Silat Trunojoyo Cup

Suasana pertandingan pencak silat Pagar Nusa Trunojoyo Cup besutan UKM Universitas Trunojoyo Madura (UTM)-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Belasan personel Polres Bangkalan, Polsek Kamal dan Polsek Socah mengawal ketat pengamanan kejuaraan pencak silat Pagar Nusa yang dihelat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Trunojoyo  Madura (UTM), Jumat hingga Minggu 21 Juli 2024.

“Kami memang dapat amanah dari Bapak Kapolres Febri Isman Jaya agar keamanan kejuaraan pencak silat di Kampus UTM ini,” kata Kapolsek Kamal, AKP Andy Bakhtera Indra Jaya. 

Tujuannya untuk mengantisikapasi kemungkinan terjadinya kericuhan. Sebab event ini diikuti oleh atlet dalam jumlah besar.

Syukurlah, lanjut AKP Andy, sejak babak penyisihan hingga semi final Sabtu 20 Juli 2024 kemarin, kejuaraan memperebutkan Piala Rektor UTM ini bergulir kondusif. Tertib, aman dan lancar.” Kami berharap pertandingan babak final Minggu hari ini juga aman,” tandas AKP Andy.

BACA JUGA:Satreskrim Polres Bangkalan Bekuk Pemalak Sopir Truk

Terpisah, Ketua II Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Kabupaten Bangkalan, Drs Jumali, MM, menambahkan, kejuaraan yang dihelat di Kampus UTM ini memang diikuti oleh atlet pencak silat internal Pagar Nusa dari seluruh Jawa Timur.

” Total jumlah pesertanya 433 atlet,” kata Jumali, yang juga Kepala Sekolah SMAN 2 Bangkalan.  Bahkan selain wasit-juri dari Pengkab IPSI Banngkalan, juga mendatangkan wasit-juri internasional dan regional utusan Pengprov IPSI Jawa Timur.

Masih lanjut Jumali, untuk jabatan delegasi tehnik dalam event bertajuk Trunojoyo Cup ini, panitia menadatangkan wasit-juri internasional Drs MasImam Luthfi.”Sedangkan ketua pertandingan kami percayakan  kepada Moh Jusuf,SPd, wasit dari Pengprov IPSI Jawa Timur.

Di sisi lain, delegasi tehnik kejuaraan, Imam Luthfi, menambahkan, event pencak silat Trunojoyo cup ini, mempertandingkan tiga katagori, yakni tanding ( fighting), seni tuggal jurus wajib Persilat (Persekutuan Silat Antara Bangsa), serta katagori seni solo karier.  

BACA JUGA:Polres Bangkalan Gulung 4 Komplotan Curanmor Spesialis Kantor dan Pertokoan

“Event ini diikuti oleh atlet pencak silat golongan usia dini umur 10-12 tahun, pra remaja usia 12-14 tahun, remaja usia 14-17 tahun, serta golongan dewasa usia 17 tahun ke atas,” jelas Iman Luthfi.

Seperti event serupa di tanah air, kejuaraan Trunojoyo Cup besutan UKM UTM ini, diniatai sebagai bagan dari upaya untuk melestarikan pencak silat sebagai beladiri warisawan leluhur bangsa. Juga untuk pembibitan atlet.

“ Saya opimis, pertandingan babak final Minggu hari ini, baik sesi pagi, siang dan malam nanti, Insya Allah akan berlangsung tertib, aman dan kondusif,” pungkas Imam. (ras/day)

Sumber: