Pj Bupati Tulungagung Ingatkan Pentingnya Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2024

Pj Bupati Tulungagung Ingatkan Pentingnya Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2024

Pj Bupati Heru Suseno memberikan sambutan.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pj Bupati Heru Suseno memastikan dukungan Pemkab Tulungagung untuk terciptanya Pilkada 2024 yang sukses.

Pihaknya juga meminta seluruh ASN di lingkup Pemkab Tulungagung mematuhi aturan soal netralitas pemilu sesuai aturan yang ada.

Pj Bupati Heru menjelaskan, salah satu indikator suksesnya pilkada adalah tingginya kehadiran masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Pihaknya mencontohkan, pada pelaksana Pileg dan Pilpres 2024 di bulan Februari lalu, capaian keikutsertaan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi, yakni di angka lebih dari 80 persen.

BACA JUGA:Gandeng FTP UB, Pemkab Tulungagung Lepas Ratusan Mahasiswa Membangun Desa Tahun 2024

Nantinya pada pilkada serentak 2024, pihaknya berharap capaian yang sama, bahkan bisa lebih tinggi.

Menurut Heru, hal ini menjadi pekerjaan rumah semua pihak. Tidak hanya KPU saja, namun juga stakeholder lainnya, termasuk Pemkab Tulungagung.

"Kalau soal keamanan, insyaallah saya yakin aman. Sekarang yang jadi soal adalah partisipasi masyarakat, jangan sampai yang pileg pilpres kemarin sudah di atas 80 persen, nanti pas pilkada jadi turun keikutsertaan pemilih," ujarnya, Rabu 17 Juli 2024.

Untuk itu, Pj Bupati Heru mendorong KPU bisa dengan kreatifitasnya mengajak masyarakat agar datang dan menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024 mendatang.

BACA JUGA:Kembangkan Minat Membaca, Pemkab Tulungagung Gelar Lomba Bertutur Berhadiah Jutaan Rupiah

Sosialisasi yang masif serta ajakan kepada masyarakat secara humanis, adalah dua hal yang menurut Heru dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan minat pemilih menggunakan hak pilihnya.

"Misalnya dengan memberikan door prize kepada pemilih yang datang, atau dengan mengusung tema TPS yang menarik dan lainnya, atau dengan sosialisasi massif kepada masyarakat. Ini harus dimaksimalkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2024 bersama pemkab, polres, kodim, dan bawaslu.

Ketua KPU Kabupaten Tulungagung, Moh Lutfi Burhani mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya selama ini.

Sumber: