Spanyol Bikin Sejarah, Empat Kali Juara Euro, Pelatih Luis de la Fuente: Masa Depan Masih Panjang

Spanyol Bikin Sejarah, Empat Kali Juara Euro, Pelatih Luis de la Fuente: Masa Depan Masih Panjang

Timnas Spanyol juara 4 kali Euro setelah mengalah Inggris 2-1.-IG Timnas Spanyol.-

MEMORANDUM-Pelatih Luis de la Fuente memuji para pemainnya yang membuat sejarah Spanyol dan memperingatkan masih ada masa depan setelah mereka menjadi tim pertama yang memenangkan Euro empat kali dengan mengalahkan Inggris 2-1 pada final di Olympiastadion, Senin dinihari, 15 Juli 2024.

Mikel Oyarzabal mencetak gol kemenangan pada menit ke-86 setelah Cole Palmer menyamakan gol pembuka Nico Williams saat Spanyol meraih tujuh kemenangan dari tujuh di Euro 2024 tanpa memerlukan adu penalti, mencetak 15 gol dalam prosesnya, yang mencetak rekor turnamen.

Dalam perjalanan menuju trofi, mereka harus mengalahkan juara bertahan Italia, tuan rumah Jerman, serta favorit pra-turnamen Prancis dan Inggris, namun De la Fuente mengatakan ia selalu percaya pada peluang Spanyol bahkan jika mereka dianggap sebagai tim luar satu bulan lalu.

BACA JUGA:Viral Dimandikan dan Digendong Messi, Yamal Sebut Foto Itu Disimpan Ayahnya hingga Euro 2024

“Bukannya saya pikir kami favorit, tapi saya merasa kami berada dalam posisi untuk memenangkan turnamen dan kami telah melakukannya,” kata Manajer Spanyol itu dalam konferensi pers seperti dilansir ESPN.

“Sulit untuk memperbaiki apa yang telah kami lakukan di sini, tapi grup ini bisa terus berkembang karena tidak lelah bekerja keras, berkompetisi dan berusaha untuk menang.Saya bangga dengan mereka dan senang dengan kegembiraan yang kami hasilkan di kampung halaman. Para pemain ini telah membuat sejarah dan perjalanan mereka masih panjang,” urainya.

Spanyol unggul atas Jerman, yang telah memenangkan tiga Kejuaraan Eropa, dan kini telah memenangkan turnamen tersebut tiga kali sejak 2008.

BACA JUGA:Messi Cedera, Banting Sepatu, Lautaro Cetak Gol, dan Argentina Juara Copa America

Gelandang Rodri – yang terpaksa ditarik keluar pada babak pertama karena cedera saat melawan Inggris – mengenang generasi yang memenangkan kompetisi ini berturut-turut pada tahun 2008 dan 2012 serta Piala Dunia pada tahun 2010.

“Hari yang luar biasa, mungkin yang terbaik dalam karier olahraga saya,” katanya kepada wartawan. Kami adalah tim yang paling berprestasi di Kejuaraan Eropa,” imbuhnya.

“Ada pembicaraan tentang generasi sebelumnya yang membuka jalan bagi kami dan sekarang kami adalah juara Eropa. Ini hari yang luar biasa bagi semua orang. Kami telah membuat sejarah. Kami telah mengalahkan empat pemenang Piala Dunia sebelumnya. Mentalitas tim ini. Banyak dari kami yang pernah menjadi juara Eropa di level muda dan sekarang kami adalah juara Eropa,” bebernya. (*)

 

Sumber: