Alun-Alun Bangil Bakal Dilengkapi Amphitheater dan Sentra Kuliner

Alun-Alun Bangil Bakal Dilengkapi Amphitheater dan Sentra Kuliner

Suasana depan Alun-Alun Bangil.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Kawasan Alun-Alun Bangil kembali digagas lebih maksimal. Ikon kebanggaan warga Kabupaten Pasuruan ini akan segera dipercantik dengan sejumlah fasilitas baru yang menarik.

BACA JUGA:Berawal dari Hobi Koleksi Uang Kuno, Otie Membuka Toko Khusus Numismatik

Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan menggelontorkan anggaran dana Rp 800 juta untuk merevitalisasi alun-alun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun Amphitheater, sentra kuliner, dan memperbarui lantai di bagian Selatan alun-alun.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Taufiqul Ghoni. Ia menyatakan bahwa pihaknya juga akan mengupayakan partisipasi dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan melalui program CSR untuk membantu pembangunan alun-alun ini.

BACA JUGA:Boy George Rahman Ketua Numismatik Surabaya Bisa Berselimut Uang dalam Arti Sebenarnya, Seperti Apa?

"Kita upayakan untuk CSR kita usahakan dalam tahun ini ikut dalam pembangunan. Sehingga pembangunan ini bisa dilakukan secara maksimal dan langsung dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Pasuruan," tutur Ghoni, Selasa 2 Juli 2024.

Menurutnya, Amphitheater yang akan dibangun di sebelah timur alun-alun diharapkan dapat menjadi ruang publik dalam berbagai kegiatan. Seperti pertunjukan musik, senam pagi, dan acara komunitas lainnya.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih Ancam Kota Pasuruan

Di area yang sama, sentra kuliner pun akan didirikan secara bertahap. Sentra kuliner ini nantinya akan menjadi tempat berjualan makanan dan minuman bagi para pedagang kaki lima.

BACA JUGA:Drh H Hamy Wahjunianto MM: Antisipasi Perubahan Iklim dari RW, dan Sarana Mempererat Hubungan Sosial

Menariknya, sentra kuliner ini dirancang dengan konsep unik. Yaitu dapat diubah menjadi taman vertikal saat tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir potensi kekumuhan dan memberikan ruang hijau yang indah di alun-alun.

BACA JUGA:Paranormal Gadungan di Pasuruan Tertangkap Simpan 9 Gram Sabu

Sementara itu, di bagian selatan alun-alun dekat gerbang, lantai akan diubah menyerupai lantai di Plaza Bangil. Perubahan ini diharapkan dapat memberikan kesan modern dan mewah pada alun-alun.

BACA JUGA:Inflasi Surabaya Terkendali, Kios TPID dan Operasi Pasar Jadi Kunci

Dengan renovasi ini, Alun-Alun Bangil diharapkan dapat menjadi ruang publik yang lebih nyaman, indah, dan modern bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan. Nantinya diharapkan akan terjadi transformasi Alun-Alun Bangil yang semakin memukau. (*)

Sumber: