Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024 Jadi Momentum Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia

Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024 Jadi Momentum Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia

Rektor Unitomo Prof Siti Marwiyah meninjau teknologi terkini di bidang pemetaan.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam rangka Dies Natalis ke-5 program studi (prodi) Teknik Geometika, Universitas Dr Soetomo (Unitomo) menghelat kegiatan Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024, Selasa, 25 Juni 2024.

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini mengusung tema Inovasi dan Teknologi Pemetaan Skala Besar untuk Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia.

Selain menghadirkan simposium nasional dengan beragam pembicara kompeten, kegiatan ini juga diiringi pameran alat survey, lomba centering, lomba konten, dan pelatihan lidar.

"Kami merasa bangga dengan prodi S1 Teknik Geomatika, mengingat prodi ini masih langka namun mampu memberikan kontribusi luar biasa untuk masyarakat, khususnya urusan pemetaan," kata Rektor Unitomo Prof Dr Siti Marwiyah SH MH dalam sambutannya.

BACA JUGA:Unitomo Buka 2 Prodi Baru S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan

Prodi Teknik Geomatika terbilang jarang. Bahkan di perguruan tinggi swasta (PTS) se-Jatim, Unitomo menjadi satu-satunya yang memiliki prodi ini.

Sementara itu, ketua panitia acara Melisa Amalia Mahardianti menjelaskan, pihaknya turut menghadirkan vendor-vendor alat survey dalam kegiatan ini. Totalnya 10 perusahaan se-Indonesia yang hadir secara langsung menampilkan teknologi terkini di bidang pemetaan.

Kemudian menggandeng pemateri kompeten di bidangnya seperti, akademisi ITS sekaligus Founder Start UP MNC Geotech Prof Mokhamad Nur Cahyadi, praktisi dari PT Halo Indah Permai Ezria E Adyas, praktisi dari PT Magellan Systems Japan Surono, dan Researcher Badan Riset Inovasi Nasional Agung Setyawan.

Tak ketinggalan, Staf Ahli Menteri ATR/ Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi selaku Plt Dirjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Dr (Cand) Ir H Jonahar turut dihadirkan sebagai keynote speaker.

BACA JUGA:623 Lulusan Unitomo Diwisuda, Rektor Pesan Beri yang Terbaik dan Terus Belajar

"Melalui kegiatan ini kami juga dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di sektor survey atau pemetaan. Di samping itu, kegiatan ini juga membuka wawasan mahasiswa mengenai dunia survey itu sejauh mana perkembangannya. Juga mendapat link-link untuk magang nantinya," kata Melisa.

Ke depan, pihaknya berharap mahasiswa Teknik Geomatika Unitomo semakin termotivasi dan terbuka wawasannya. Adanya program ini diharapkan pula dapat mendorong kreativitas dan mengembangkan kompetensi mahasiswa.

"Harapannya, mahasiswa semakin kreatif dan termotivasi. Sehingga ketika mereka lulus, mereka bisa berkarya, berkiprah di dunia survey Indonesia," pungkas Melisa yang juga dosen aktif Teknik Geometika Unitomo ini.(bin)

Sumber: