UB Raih Top 100, THE Impact Rankings untuk SDG 2

UB Raih Top 100, THE Impact Rankings untuk SDG 2

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Imam Santoso MP. -Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUMUniversitas Brawijaya (UB) menempati peringkat 80 dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings for University SDG 2: Zero Hunger. Pemeringkatan ini dirilis dalam website https://www.timeshighereducation.com pada bulan Juni 2024. 

BACA JUGA:Pengamat Politik: Eri-Armuji Pilihan Realistis PDI-P, Bakal Hadapi Paslon dari KIM

Pencapaian ini menempatkan UB, dalam jajaran top 100 universitas dunia. Berkontribusi signifikan dalam upaya mengatasi kelaparan global. Penilaian ini diberikan kepada 803 universitas di 96 negara.

BACA JUGA:Tepergok Curi HP, Warga Wonorejo Dimassa

Keberhasilan ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan UB dalam bidang ketahanan pangan. Aktif mengembangkan teknologi pertanian berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan efisiensi penggunaan sumber daya alam. 

BACA JUGA:Gunung Batok Terbakar Lagi, Api Muncul di Tengah Ritual Yadnya Kasada Bromo

“Melalui proses pendidikan yang sangat baik dengan didukung banyaknya guru besar dan doktor bidang pertanian. UB berkontribusi menghasilkan temuan riset dan inovasi pertanian. Berdampak pada produksi pertanian sekaligus mendukung pertanian berkelanjutan. Sehingga UB memegang peran strategis bagi pencapaian SDGs 2 untuk Indonesia dan dunia,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Imam Santoso, Minggu 23 Juni 2024.

BACA JUGA:Green Force Run 2024 Diikuti 3.500 Peserta dari Dalam dan Luar Negeri

Penelitian inovatif yang dilakukan, lanjut Prof Imam, meliputi pengembangan varietas tanaman tahan hama, teknik irigasi modern, dan pengelolaan lahan yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan solusi pertanian yang lebih efektif dan berkelanjutan, sehingga mampu mengatasi tantangan dalam produksi pangan.

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Malang Bersih-bersih TMP Prayuda Nirwana

Sementara itu, Kepala UPT Reputasi UB Adharul Muttaqin ST MT mengatakan, penilaian pemeringkatan, terdiri dari berbagai indikator. Mencakup aspek-aspek penting dari keterlibatan universitas dalam memerangi kelaparan dan meningkatkan ketahanan pangan.

BACA JUGA:Polisi Obrak Arena Judi Sabung Ayam di Pakis

“Dengan berbagai inisiatif dan program yang telah dijalankan, UB tidak hanya berhasil mencapai peringkat ke-80 dalam THE Impact Rankings 2024 untuk SDG 2, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam upaya mengakhiri kelaparan dan meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:Anniversary Games Persebaya vs Persibo Jadi Ajang Penilaian Pemain Trial

Sumber: