Asah Kualitas Imtaq, Polres Bangkalan Rutin Gelar Kamis Binrohtal Bagi Seluruh Anggota

Asah Kualitas Imtaq, Polres Bangkalan Rutin Gelar Kamis Binrohtal Bagi Seluruh Anggota

Suasana Kamis Binrohtal di Mesjid Raudlatul Hidayah Polres Bangkalan.--

BANGKALAN, MEMORANDUM - Kiat Kapolres Bangkalan AKB P Febri Isman Jaya untuk menjaga kredibilitas anggota Polres sebagai figur pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional dan humanis, terus dipacu dengan berbagai daya dan upaya.

Salah satunya, AKBP Febri, rutin menggelar kegiatan bertajuk Kamis Binrohtal. Yakni pembinaan rohani dan mental bagi seluruh anggota.“ Itu rutin dilaksanakan setiap hari Kamis,” kata Kasi Humas Polres, Iptu Risna Wijayati.

Seperti Kamis 20 Juni 2024, dipandu Ustadz Hori, giat Binrohtal kembali dihelat di Mesjid Raudlatul Hidayah di koimpleks Mapolres. Semua  perwira setara Kabag, Kasat, Kasi, para pejabat Utama (PJU) lainnya, serta seluruh personel dan ASN di lingkup Polres wajib ikut kegiatan ini.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Obrak Balap Liar, 43 Pelaku dan 38 Motor Digaruk

BACA JUGA:Polres Bangkalan Maksimalkan Pengamanan Pemberangkatan 653 CJH

Muara tujuannya,  untuk mengasah kadar kualitas Imtaq aanggota Polri, termasuk anggota di lingkup Polres Bangkalan, agar meraka  tumbuh dan berkembang menjadi figur aparatur negara teguh imtaq, humanis serta memiliki kepekaan sosial tinggi.

“ Jika persyaratan mental dan moralitas ini terpenuhi, Insya Allah anggota Polri sebagai pengemban amanah pelindung, pengayom masyarakat, akan punya potensi untuk menjalankan tugas  secara profesional dan  presisi,” jelas AKBP Febri.

Dalam giat  Binrohtal kali ini,  Ustadz Hori mengawali dengan pembacaan asmaul husna. Kemudian menyisipkan ceramah terkait hakekat manusia sebagai mahluq individu dan mahluq sosial.

 “ Sebagai mahluq individu, semua anggota Polri berkewajiban untuk terus mengasah keteguhan imtaq, agar tumbuh menjadi insan yang religius,” jelas Ustdaz Hori yang juga ASN di lingkungan Polres. Diantaranya tekun dan istiqomah beribadah sesuai tuntunan Quran dan Hadist Rasulullah Muhammad SAW. 

BACA JUGA:Satsamapta Polres Bangkalan Sambangi Perumahan Graha Mentari, Pastikan Kamtibmas Aman dan Kondusif

Jika kadar iptaq ini terus terasah, secara psykhologis, akan berpegaruh kepada pribadi anggota Polri sebagai mahluq sosial. Mereka akan memiliki kepekaan sosial dalam menjalankan tugas. Termasuk sebagai pemegang amanah pelindung,  pengayom dan pelayan masyarakat.

Simpulnya,  melalui rutinitas giat Kamis Binrohtal, semua anggota Polres diharap tumbuh dan berkembang menjadi figur aparatur negara yang teguh iman, profesional, dan humanis.  Untuk itu, kesinambungan giat binrohtal patut dan penting dikawal bersama. (ras/day)

Sumber: