DPD Demokrat Jatim Bagikan Hewan Kurban Untuk Warga

DPD Demokrat  Jatim Bagikan Hewan Kurban Untuk Warga

Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak usai menyerahkan hewan sapi kurban di kantor DPD Partai Demokrat Jatim.-Rahmad Hidayat-

SURABAYA, MEMORANDUM - Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, menjadi momen spesial bagi umat muslim untuk berbagi dan berkurban. Momen penuh berkah ini, berbagai elemen masyarakat, turut ambil bagian merayakan dengan menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada masyarakat.

BACA JUGA:Bapenda Kabupaten Tulungagung Gelar Pekan Panutan dan Gebyar Pembayaran PBB-P2 Tahun 2024 

Tak terkecuali yang dilakukan pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, usai menyerahkan hewan sapi kurban di kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Selasa 18 Juni 2024.

BACA JUGA:Perbaikan Stadion G10N Jelang Piala AFF U-19 

Emil didampingi Bendahara DPD Demokrat Jatim dr Agung Mulyono dan Sekretaris Reno Zulkarnain, serta Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Jombang, Pembahasan 4 Raperda Memasuki PU Fraksi 

"Jadi memang keluarga besar Demokrat juga melaksanakan secara terpisah. Artinya, di dapil (daerah pemilihan) masing-masing, konstituen masing-masing dan juga lingkungan keluarga atau tempat tinggal masing-masing juga melaksanakan kurban. Tapi bersama-sama atas nama Demokrat Jatim," kata Emil.

BACA JUGA:Kurun 6 Tahun, Penumpang Suroboyo Bus Naik 3 Kali Lipat 

Selain di dapil dan konstituen masing-masing, Emil menjelaskan bahwa secara khusus Demokrat Jatim juga melaksanakan kurban di kantor DPD yang berada di Jalan Kertajaya Indah nomor 82 Kota Surabaya.

BACA JUGA:Ramah Lingkungan, PKS Surabaya Sebar Paket Hewan Kurban Pakai Kemasan Besek 

“Kita juga melaksanakan di kantor kita (DPD Demokrat Jatim). Tapi penyebarannya ini justru meluap, karena wilayah sini bukan sasaran penerima, tapi disebar nanti,” ujar Emil.

BACA JUGA:Dicuri 2 Bulan, Motor Kembali ke Pemilik 

Menurut Emil, jumlah total kurban di Kantor DPD Partai Demokrat Jatim, tidak termasuk dengan yang dilaksanakan sendiri oleh anggota DPRD kabupaten/kota dari Partai Demokrat, DPC, maupun fraksi-fraksi.

BACA JUGA:Sabung Ayam Marak di Lekok, Polisi Bakar Perlengkapan Judi 

"Jadi ini (jumlah kurban) bukan ditotal semua sebenarnya. Kalau dihitung se DPRD kabupaten/kota, DPC, kemudian fraksi masing-masing, ini (jumlahnya) di luar itu semua," ucap dia.

BACA JUGA:Pemilik Terlelap, Toko Terang Terbakar 

Sebab, mantan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 itu menyatakan bahwa pihaknya membebaskan semua anggota DPRD kabupaten/kota atau provinsi dari Partai Demokrat, untuk berkurban di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA:Bahagiakan Umat, PKS Bagikan Hewan Kurban ke Tiap Dapil 

"Tapi ternyata teman-teman tergerak untuk juga melaksanakan di sini, termasuk Pak Bendahara Umum Demokrat (Renville Antonio) sebagai mantan Ketua DPD Jatim juga. Alhamdulillah beliau berkenan menambah jumlah kurban yang dilaksanakan di sini (Kantor DPD Demokrat Jatim)," ungkap Emil.

BACA JUGA:Truk Kontainer Seruduk 2 Motor, 3 Tewas 

Sementara terkait total hewan kurban di Kantor DPD Demokrat Jatim, Emil menyebut, jika jumlahnya adalah 7 ekor sapi dan 8 kambing. Namun jumlah ini belum termasuk dengan yang dilaksanakan masing-masing DPC atau anggota legislatif dari Partai Demokrat di Jatim.

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Kota Malang tentang Raperda RPJPD: Usai Dengar Jawaban Pj Wali Kota, DPRD Bentuk Pansus 

Sementara itu Bendahara DPD Demokrat dr Agung Mulyono mengaku bersyukur bisa membagikan hewan kurban setiap tahunnya. Momentum Iduladha 1445 Hijriah dimanfaatkan oleh Bendahara DPD Demokrat Jatim dr Agung Mulyono untuk berbagi kepada masyarakat kurang mampu.

BACA JUGA:Usir Nyamuk dengan Bakar Kertas, Rumah di Kota Malang Malah Terbakar 

Kali ini, Ketua komisi D DPRD Jatim itu tersebut berkuban satu sapi seberat 350 kg dan 10 kambing yang disebar ke Surabaya dan daerah pilihan (dapil) yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

“Ini kami lakukan rutin setiap tahun. Selain di DPD Demokrat korban sapi dan kambing. Kami juga membagikan hewan kurban ke Dapil dan KAHMI Jatim,” katanya.

BACA JUGA:Kembangkan Minat Membaca, Pemkab Tulungagung Gelar Lomba Bertutur Berhadiah Jutaan Rupiah 

Anggota DPRD Jatim tiga periode itu mengaku dengan berbagi hewan kurban bisa bersedekah kepada warga kurang mampu.

BACA JUGA:Tujuh Hari Pencarian, 6 Nelayan Gresik Masih Belum Ditemukan 

Di samping itu juga bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadi salah satu gerakan untuk menjaga ketahanan pangan, dan mensejahterakan warga Jatim.

BACA JUGA:Polsek Balen Patroli Perbatasan Cegah Gangguan Kamtibmas 

“Ini rutin, kami berbagi hewan kurban setiap tahun sapi dan kambing. Saya berharap bisa berbagi kepada masyarakat kurang mampu,” tambah putra kelahiran Banyuwangi tersebut.

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Bojonegoro Kembali Salurkan Bansos 

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Banyuwangi-Bondowoso dan Situbondo itu juga menyempatkan untuk melihat sapi dan kambing yang akan dikurbankan, sambil berdoa dan melantunkan takbir.

BACA JUGA:Terima Vonis 4 Bulan Penjara, Jaksa segera Eksekusi 2 Eks Polisi Selingkuh 

Pada Iduladha kali ini, dr Agung Mulyono menyaksikan penyembelihan kurban di DPD Demokrat Jatim dan KAHMI Jatim.

BACA JUGA:HUT Ke-97 Persebaya, Inilah Perasaan yang Dialami Paul Munster 

“Saya niatkan hewan kurban untuk diri, keluarga dan saudara-saudara bahkan untuk para leluhur,” tambanya.

Dokter Agung bersyukur pada pada hari raya kurban kali ini bisa berbagi dan melaksanakannya seperti pada tahun lalu. Dia berharap, kedepan, semakin banyak lagi hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat, sehingga bisa berbagi kepada warga kurang mampu.

“Semoga tahun depan bisa qurban lagi di DPD dan lebih banyak lagi,” pungkasnya. (*)

Sumber: